Berita

4 Hari, Kunjungan Wisatawan ke Tanah Datar Capai 42 Ribu Orang

×

4 Hari, Kunjungan Wisatawan ke Tanah Datar Capai 42 Ribu Orang

Sebarkan artikel ini
Suasana Istano Basa Pagaruyung yang ramai pengujung saat libur Lebaran. [Foto : ist]

Batusangkar, Padangkita.com – Kunjungan wisatawan menyambut musim liburan Idulfitri 1444 Hijriyah ke berbagai destinasi wisata unggulan Tanah Datar dari 21 sampai 24 April 2023 tercatat 42.357 orang.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar Hendri Agung Indrianto kepada Padangkita.com, Selasa (25/4/2023) mengatakan, kunjungan wisatawan terbanyak masih ke Istano Basa Pagaruyung.

“Istano Basa Pagaruyung masih menjadi destinasi favorit wisatawan, pada 21 April tercatat baru 887 orang, esoknya meningkat menjadi 3.203 orang, esoknya lagi 8.653 orang dan kemarin 10.053 orang,” ungkapnya.

Dikatakan Agung, setelah Istano Basa Pagaruyung, objek Wisata Lembah Anai, Nagari Tuo Pariangan, Puncak Pato dan Tanjung Mutiara juga menjadi destinasi favorit.

“Untuk Lembah Anai sampai kemarin tercatat 3.372 orang, Nagari Tuo Pariangan 3.431 orang, Puncak Pato 3.374 orang dan Tanjung Mutiara sebanyak 2.855 orang,” sampainya.

Diungkapkan dia lagi, untuk data kunjungan wisatawan ke berbagai event wisata yang dilaksanakan sesuai Program Unggulan Satu Nagari Satu Event masih belum terdata secara pasti.

“Hari kemarin ada dua Event Wisata yang serentak mulai dilaksanakan yakni Festival Selaju Sampan Alek Nagari Tigo Jangko dan Sepekan Alek Nagari Andaleh Baruah Bukik Kecamatan Sungayang, dan hari ini di mulai Pesona Sawah Tangah di Kecamatan Pariangan,” sampainya.

Selanjutnya 29 – 30 April ada ‘Rang Sungayang Mangiak Olek’ di Nagari Sungayang, Kecamatan Sungayang. Dan 30 April – 1 Mei 2023 juga direncanakan alek Pacu Kuda di Lapangan Dang Tuanku Bukik Gombak.

“Untuk Pagaruyung Islamic Art Festival di Istano Basa Pagaruyung yang direncanakan

27- 30 April diundur pada 4 sampai 7 Mei 2023, dikarenakan ada kegiatan Palewakan Gala Wakil Menteri Tenaga Kerja di lokasi yang sama,” sampai Agung.

Untuk kesiapan dan kenyamanan berbagai destinasi wisata unggulan di Tanah Datar menyambut wisatawan, Agung mengatakan, telah melakukan pertemuan dengan pengelola Obyek Wisata Utama dan Ekraf dalam rangka mengingatkan para pelaku agar melakukan persiapan yang maksimal untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan.

“Kita telah sampaikan hal-hal penting yang wajib menjadi perhatian, seperti keramahtamahan, kebersihan, kepastian harga yang wajar dan pelayanan terbaik di segala aspek. Kemudian untuk Ekonomi Kreatif tampilkan produk-produk terbaik yang menarik dengan kualitas dan harga yang bersaing,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Eka Putra saat melaksanakan Sidak ke Istano Basa Pagaruyung mendapati berbagai fasilitas umum seperti toilet, musala dan pelayanan umum lainnya sudah berjalan baik.

“Toilet, musala sudah cujup bersih dan nyaman. Saat kunjungan meningkat nantinya sampah harus menjadi perhatian utama juga dan harus dikelola dengan baik, sehingga kawasan ini tetap asri dan indah,” pesannya.

Baca JugaAtraksi Silek di Atas Perahu Pukau Wisatawan yang Berkunjung ke Tanah Datar 

Iapun berpesan agar pelaku kepariwisataan untuk memberikan pelayanan terbaik seperti keramahtamahan, kebersihan, kepastian harga yang wajar dan pelayanan terbaik di aspek lainnya. [djp]