4 Hari Hilang, Seorang Nelayan di Mentawai Ditemukan dalam Keadaan Selamat

Penulis: Fuadi Zikri
|
Editor: Zulfikar

Berita Mentawai terbaru dan berita Sumbar terbaru: Seorang nelayan warga Dusun Pokai Desa Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara, Kepulauan Mentawai yang hilang sejak empat hari yang lalu ditemukan dalam keadaan selamat dan telah diserahkan oleh Tim SAR Gabungan ke pihak keluarga.

Tuapejat, Padangkita.com – Setelah dinyatakan hilang selama empat hari, seorang nelayan bernama Nofialdi, 30 tahun warga Dusun Pokai, Desa Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara, Kepulauan Mentawai ditemukan dalam keadaan selamat.

Ia ditemukan terapung-apung oleh Tim SAR Gabungan di perairan daerah Labuhan Bajau, antara Siberut dan Padang.

Baca Juga

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Search and Rescue (SAR) Kepulauan Mentawai, Akmal menyebutkan, saat ditemukan korban masih berada di dalam perahunya dengan keadaan terapung-apung.

“Awalnya korban mengikat perahu pada rabo di area Labuan Bajau. Karena kehabisan bekal, akhirnya korban melepas tali pengikat dan pasrah terapung-apung, tim menemukan korban sekitar pukul 14.25 WIB,” ujarnya, Minggu (4/10/2020).

Setelah menemukan korban, Tim SAR Gabungan langsung mengevakuasi korban ke Dermaga Pokai. “Tiba di Dermaga Pokai itu sekitar pukul 16.35 WIB. Korban dalam keadaan selamat dan telah diserahkan ke pihak keluarga” ungkapnya.

Diketahui sebelumnya, Seorang nelayan bernama Nofialdi, 30 tahun warga Dusun Pokai Desa Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara, Kepulauan Mentawai dilaporkan hilang kontak di perairan Siberut, Kamis (1/10/2020).

Dikonfirmasi Padangkita.com, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Search and Rescue (SAR) Kepulauan Mentawai, Akmal membenarkan kejadian tersebut. Korban dilaporkan hilang oleh salah seorang anggota keluarganya.

“Benar, ada laporan masuk bahwa ada seorang nelayan yang pergi melaut tidak pulang dan tidak bisa dihubungi,” kata Akmal kepada Padangkita.com, Jumat (2/10/2020).

Akmal menjelaskan korban merupakan nelayan yang biasa menangkap ikan dengan perahu mesin dari pagi hingga sore dan biasa kembali ke darat sekitar pukul 16.00 WIB.

Akan tetapi, hingga pukul 18.00 WIB, Nofialdi tak kunjung pulang hingga pihak keluarga melapor ke petugas. Sebelumnya, keluarga korban bersama dengan masyarakat setempat telah berusaha mencari keberadaan korban di sepanjang pesisir pantai.

Baca juga: Tak Kunjung Pulang, Seorang Nelayan di Mentawai Dilaporkan Hilang

Beberapa jam melakukan upaya pencarian namun tidak membuahkan hasil, karena kurang maksimalnya pencarian, keluarga korban pun memutuskan untuk melaporkan kejadian ini ke Basarnas Kepulauan Mentawai. [zfk]


Baca berita Mentawai terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist