Ekonomi

4.865 Usaha Kreatif Terima Pembiayaan Rp6,9 Triliun dari BNI

×

4.865 Usaha Kreatif Terima Pembiayaan Rp6,9 Triliun dari BNI

Sebarkan artikel ini
Bank BNI (foto: ppsunm.difa.co.id)
Bank BNI (foto: ppsunm.difa.co.id)

Padangkita.com – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mengklaim sudah memberikan pembiayaan kepada 4.865 pelaku usaha ekonomi kreatif senilai Rp6,9 triliun sampai Mei tahun ini.

Untuk meningkatkan porsi pembiayaan itu, BNI menjalin kesepakatan dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) guna meningkatkan program pengembangan usaha kreatif di Indonesia.

“Kerjasama ini mempertegas komitmen BNI dalam mendorong dan meningkatkan usaha di sektor ekonomi kreatif,” kata Direktur Bisnis dan Jaringan BNI Catur Budi Harto, dari laman perseroan, Senin (14/6/2017).

Ia mengatakan BNI sudah menyalurkan hingga Rp6,9 triliun dengan Rp613 miliar disalurkan melalui skema kredit usaha rakyat (KUR).

Sektor yang dibiayai itu meliputi arsitektur, desain, fashion, kerajinan, kuliner, hingga musik. BNI, katanya, siap memberikan jasa layanan perbankan melalui jaringannya kepada pelaku ekonomi kreatif di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Bekraf Triawan Munaf mengharapkan kerjasama tersebut akan membuat berbagai program pengembangan usaha di bidang ekonomi kreatif terkoordinasi dengan baik, dan mendapatkan dukungan pembiayaan perbankan.

“Kerjasama ini adalah bentuk kepercayaan dan sinergii yang kuat antara perbankan dengan Bekraf untuk pengembangkan usaha sektor ekonomi kreatif,” katanya.

Menurutnya, dengan kesepakatan dunia usaha kreatif Indonesia bisa mendapatkan bantuan atau fasilitas pembiayaan dan pembinaan dari BNI yang punya kepedulian tinggi terhadap seni, budaya, dan sektor kreatif lainnya.