32 Ribu Nakes di Sumbar Bakal Dapat Vaksin Dosis Keempat

Padang, Padangkita.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatra Barat (Sumbar) menargetkan sekitar 32.000 tenaga kesehatan (nakes) di Sumbar mendapatkan vaksin Covid-19 dosis keempat atau booster kedua.

“Sesuai arahan pusat, kita tentu menindaklanjuti. Vaksinasi Covid-19 dosis keempat untuk nakes di Sumbar sudah kita mulai sejak 29 Juli lalu. Saat ini masih jalan sampai sasaran tercapai,” ujar Kadinkes Sumbar, Lila Yanwar saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Kamis (4/8/2022).

Dia menuturkan, 32.000 nakes yang menjadi sasaran vaksin dosis keempat di Sumbar terdiri atas perawat, bidan, dokter, tenaga laboratorium, dan sebagainya. Vaksinasi bisa dilakukan di fasilitas kesehatan yang ada di kabupaten/kota, seperti rumah sakit dan Puskesmas.

“Sudah kita instruksikan untuk mengerjakan. Nakes yang kita vaksinasi ini merupakan yang memberikan pelayanan langsung ke masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, vaksinasi dosis keempat ini perlu dilakukan karena nakes merupakan kelompok yang memiliki resiko tinggi terpapar oleh Covid-19. Ditambah lagi saat ini ada trend peningkatan kasus Covid-19 dan munculnya varian baru.

Selain itu, capaian vaksinasi Covid-19 dosis ketiga di Sumbar masih belum mencapai angka 70 persen, sehingga belum mencapai kekebalan kelompok. Oleh karena itu, suntik vaksin dosis keempat perlu dilakukan untuk melindungi nakes dari Covid-19.

Baca Juga: Perdana, 10.000 Dosis Vaksin PMK dari Prancis Tiba di Indonesia

Dia mengklaim, jumlah dosis vaksin di Sumbar saat ini masih mencukupi untuk pelaksanaan vaksin dosis keempat untuk nakes tersebut. Lebih lanjut, dia mengimbau nakes di Sumbar untuk bersedia melakukan vaksinasi dosis keempat. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist