3.034.677 Kendaraan Melintasi Jalan Tol Trans Sumatra selama Mudik dan Balik Lebaran 2023

3.034.677 Kendaraan Melintasi Jalan Tol Trans Sumatra selama Mudik dan Balik Lebaran 2023

Salah satu jalan tol terindah pada Jalan Tol Trans Sumatra. (JTTS) [Foto: Dok. Hutama Karya]

Padang, Padangkita.com – Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) memang menjadi pilihan utama pemudik pada Lebaran Idul Fitri tahun ini. PT Hutama Karya (Persero) mengeklaim, arus mudik dan balik Lebaran 2023 di JTTS telah berjalan dengan lancar dan aman.

Baca juga: Wagub Audy Kabarkan Progres Pembangunan Tol Padang – Sicincin yang Dikerjakan Siang Malam

Dampaknya, terjadi peningkatan trafik lalu lintas yang signifikan pada JTSS. Selama 16 hari, sejak 15-30 April 2023 atau H-7 hingga H+8, Hutama Karya mencatat 3.034.677 kendaraan melintas di JTTS. Angka ini merupakan akumulasi dari 9 ruas JTTS yang telah dioperasikan.

Yakni, Tol Bakauheni - Terbanggi Besar (Bakter), Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka), Tol Palembang - Indralaya (Palindra), Tol Bengkulu - Taba Penanjung (Bengtaba), Tol Pekanbaru - Dumai (Permai), Tol Pekanbaru - Bangkinang (Pekbang), Tol Medan - Binjai (Mebi), Tol Binjai - Langsa Seksi 1 (Binjai - Stabat), dan Tol Sigli - Banda Aceh (Seksi 2, 3 & 4).

Peningkatan signifikan sebesar 44% dari prediksi semula Hutama Karya, yakni 35% dari trafik normal, atau peningkatan sebesar 6% dibanding dengan trafik lalu lintas pada Mudik Lebaran tahun 2022.

Secara spesifik, lalu lintas tertinggi terjadi pada H-3 Lebaran (19/4/2023), di mana sebanyak 19.229 kendaraan masuk via Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan di Tol Bakter, sementara di GT yang sama, puncak arus balik terjadi pada hari Minggu (30/4/2023) dengan total 16.529 yang keluar dari Pulau Sumatra.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menyampaikan, faktor pendukung peningkatan trafik lalu lintas tahun ini, karena peningkatan pelayanan operasi tol sehingga tidak terjadi kemacetan dan mudik menjadi aman dan nyaman.

“Mendukung momen mudik lebaran kali ini, Hutama Karya memberikan diskon tarif sebesar 20% di ruas Bakter dan Terpeka selama total enam hari sejak masa arus mudik lebaran 16 - 18/04 dan sebaliknya selama arus balik lebaran 27 - 29/04,” ujar Koentjoro dalam keterangan tertulis, Rabu (3/5/2023).

Koentjoro menyebutkan, Hutama Karya menambahkan 4 ruas fungsional baru yang khusus digunakan pada saat Mudik Lebaran 2023, yakni Tol Sigli - Banda Aceh (Seksi 5 & 6) dengan total kendaraan yang melintas sebanyak 10.879 selama periode (15 - 30/04).

Kemudian, Tol Binjai-Langsa Seksi 2 (Stabat - Kuala Bingai/Jalan Proklamasi) tercatat sebanyak 24.052 kendaraan yang melintas selama periode 16 April 2023 – 1 Mei 2023. Lalu, Tol Indralaya-Prabumulih (Indraprabu) sebanyak total 83.102 kendaraan yang melintas selama periode 15 – 30 April 2023, dan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat tercatat 176.685 kendaraan yang melintas selama periode 15 April – 2 Mei 2023.

Dengan total 294.718 jumlah kendaraan yang melintas di ruas fungsional, trafik tertinggi berasal dari ruas Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat karena dioperasikan penuh selama 24 jam, sementara 3 ruas fungsional lainnya beroperasi terbatas. Masyarakat antusias terhadap kehadiran ruas baru JTTS guna kemudahan mobilitas dan konektivitas masyarakat di Pulau Sumatra.

Lebih jauh Konetjoro mengungkapkan, dari hasil evaluasi, arus trafik selama Mudik Lebaran di JTTS ramai dan lancar. Hal tersebut didukung oleh berbagai persiapan yang dilakukan oleh Hutama Karya guna mengantisipasi peningkatan lalu lintas.

Seperti melakukan aktivasi mobile reader untuk percepatan transaksi di gerbang tol, menambah personel tapping oleh petugas, hingga pengaturan area parkir di rest area agar tidak terjadi antrian di jalur masuk yang dapat menyebabkan kemacetan. Sementara terkait keamanan bagi pengguna jalan tol, disiagakan tim pothole, pengecekan kelengkapan kendaraan SPM, serta memastikan sarana keselamatan berfungsi dengan baik.

Selain itu, Hutama Karya juga terus melakukan peningkatan kualitas jalan tol dengan melakukan pemeliharaan yang dikelola lebih cepat dari target. Khususnya pada ruas Tol Bakter dan Ruas Terpeka, berupa pemeliharaan rutin seperti scraping, filling & overlay (SFO) atau pengelupasan dan pelapisan kembali.

Kemudian, peningkatan kualitas jalan tol yang bersifat long-term sustainability seperti rekonstruksi agar dampak pemeliharaannya bukan hanya bersifat sementara tapi lebih permanent sehingga kualitas jalan tol akan meningkat lebih baik lagi.

Untuk mengoptimalkan pelayanan selama periode arus mudik (19 - 21/4/2023) dan arus balik (25/4-1/5/2023), Hutama Karya dan Tim Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) serta Kementerian BUMN juga menyediakan sejumlah fasilitas, di antaranya wifi, obat gratis, dan takjil/kudapan di sejumlah titik rest area.

Hutama Karya mencatatkan total lebih dari 1.000 pemudik/pengguna jalan tol yang mengunjungi Posko Mudik. Angka ini merupakan akumulasi dari pengunjung di Ruas Bakter KM 20A, 49B, 87A, 87B, dan Ruas Terpeka 234B, 269B, dan 277A.

Hutama Karya juga menyediakan flyer dan buku panduan digital mudik melalui sejumlah platform digital seperti halaman web Hutama Karya, aplikasi HK Toll Apps, serta akun resmi media sosial Instagram @hktolindonesia yang dapat diakses dengan mudah oleh pengguna jalan tol dalam mempersiapkan perjalanannya ketika melalui JTTS.

Baca juga: Jumlah Pengguna Tol Padang–Pekanbaru Seksi Pekanbaru-Bangkinang Melonjak 102 Persen

"Terima kasih untuk kerjasama dan dukungan dari semua pihak serta strategi yang diterapkan oleh Tim Satgas Mudik Hutama Karya menjadikan Mudik Lebaran di JTTS tahun 2023 berlangsung aman dan lancer,” Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro. [*/pkt]

Baca Juga

Upaya Pemprov Sumbar - Daerah Berbuah Manis, Pusat Kucurkan Setengah Triliun Bangun Jalan
Upaya Pemprov Sumbar - Daerah Berbuah Manis, Pusat Kucurkan Setengah Triliun Bangun Jalan
Progres Flyover Sitinjau Lauik, Andre Rosiade: Paling Lambat Grounbreaking  November 2024
Progres Flyover Sitinjau Lauik, Andre Rosiade: Paling Lambat Grounbreaking November 2024
Pemprov Sumbar Klaim Semua Perusahaan Tambang di Air Dingin sudah Tak Beroperasi
Pemprov Sumbar Klaim Semua Perusahaan Tambang di Air Dingin sudah Tak Beroperasi
Selama Arus Balik Lebaran 2024, Hutama Karya Diskon Tarif 20% di 3 Ruas Tol Trans Sumatra
Selama Arus Balik Lebaran 2024, Hutama Karya Diskon Tarif 20% di 3 Ruas Tol Trans Sumatra
Arus Balik masih Padat, Pengoperasian Fungsional 2 Ruas Tol Trans Sumatra Diperpanjang
Arus Balik masih Padat, Pengoperasian Fungsional 2 Ruas Tol Trans Sumatra Diperpanjang
Pembenahan Lubuk Hantu Tuntas, Jalan Padang Panjang – Bukittinggi di Aia Angek Aman Dilalui
Pembenahan Lubuk Hantu Tuntas, Jalan Padang Panjang – Bukittinggi di Aia Angek Aman Dilalui