200 KK Terdampak Banjir di Batu Busuk, Wali Kota Padang Serahkan Bantuan 

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Hujan deras dan angin kencang yang melanda kota Padang sejak Senin (23/1/2023) siang menyebabkan sejumlah wilayah di Sumatra Barat terutama kota Padang dilanda banjir.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Basril mengatakan setidaknya 200 Kartu Keluarga (KK) terdampak banjir akibat luapan Sungai Batu Busuk, Kelurahan Lambung Bukit.

“BPBD Kota Padang melakukan evakuasi warga terdampak bencana banjir di Batu Busuk, Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh Kota Padang. Setidaknya ada 200 KK terdampak banjir akibat luapan sungai ini,” terangnya Selasa (24/1/2023).

Lebih lanjut ia mengatakan BPBD Padang bersama jajaran lainnya sudah melakukan evakuasi warga di sekitar terdampak banjir.

Sementara itu, Wali Kota Padang bersama segenap stakeholder di lingkungan Pemerintah Kota Padang meninjau banjir batu busuk, Lambung Bukit, Pauh Padang.

Pada kesempatan tersebut, Hendri Septa juga memberikan bantuan kepada korban banjir bandang yang berjumlah sekitar 200 KK.

Bantuan yang diberikan berupa beras, mie instan, air mineral, selimut, matras tidur, kopi, gula serta makanan cepat saji.

“Senin malam, saya bersama stakeholder, langsung ke lokasi, menemui warga Batu Busuk. Banyak rumah warga yang terendam banjir hingga satu meter akibat meluapnya sungai Batu Busuk. Puluhan rumah yang kena banjir berada di tepi sungai Batu Busuk. Sebanyak 20 keluarga diungsikan ke Posko SD 19 Padang.” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan sejak siang hingga malam Padang diguyur hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan banyak daerah dilanda banjir, salah satu yang memprihatinkan musibah banjir bandang di daerah Batu Busuk, Lambung Bukik ini.

“Kita memastikan semua berjalan baik dalam membantu warga. Alhamdulillah keluarga yang terjebak banjir telah dievakuasi.” sambungnya.

Ia mengatakan bantuan yang disalurkan berupa beras, air mineral, mie instan, gula, kopi, makanan cepat saji, selimut, matras tidur dan lainnya.

“Bantuan tersebut diserahkan dari Dinas Sosial Kota Padang dan Sumbar, BPBD Kota Padang dan Sumbar, Kemensos kepada 200 keluarga terdampak musibah banjir.” terang Wali Kota.

Dirinya mengimbangi warga kota Padang untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

“Saling jaga, saling bantu, saling mengingatkan dari segala ancaman bencana di sekitar kita. Semoga kita semua sehat dan kuat selalu,” pungkasnya. [*/hdp]

 

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist