20 Tim Ramadan Reguler Turun ke Pelosok Tanah Datar 

Penulis: Isran Bastian

Batusangkar, Padangkita.com – Sebanyak 20 tim Ramadan Reguler Pemerintah Daerah serentak turun ke berbagai pelosok wilayah untuk mengunjungi masjid yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Tanah Datar, Rabu (6/4/2022) malam.

Tim 2 dibawah pimpinan Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian bersama Wakil Ketua Tim Dr. Alfian Jamrah dan beberapa OPD lainnya, serta turut didampingi Camat beserta Forkopimca Pariangan dan Wali Nagari Sungai Jambu, mengunjungi Masjid Jami’ Nagari Sungai Jambu Kecamatan Pariangan.

Wabup Richi berharap, masjid bukan hanya menjadi sarana ibadah saja, namun juga bisa dijadikan pusat berbagai kegiatan keagamaan dan kegiatan kemasyarakatan lainnya.

“Kita berharap masjid yang modern mampu menjadi pusat pendidikan, pusat ekonomi dan juga politik. Dan dari prestasi yang diraih Masjid Jami’ Sungai Jambu sudah memulai lebih dulu, dan tentunya diharapkan juga bisa menjadi contoh bagi masjid lain di Tanah Datar,” ujarnya.

Selepas itu Richi menyampaikan, selama setahun kepemimpinan Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama dirinya sebagai Wakil Bupati, cukup banyak program pembangunan yang telah dilaksanakan dan diluncurkan.

“Arah tujuan pembangunan kita ke depan sesuai Misi yaitu Terwujudnya Kabupaten Tanah Datar Madani Berlandaskan Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah dan dikembangkan dalam 6 Misi serta 10 Program Unggulan Tanah Datar,” sampainya.

Diungkapkan Richi, beberapa Program Unggulan (Progul) yang telah diluncurkan di Tanah Datar. Disamping ada program Bajak Gratis yang menyediakan 4.200 hektare lahan diolah secara gratis, ada juga Asuransi Usaha Tani Padi kepada yang gagal panen disediakan anggaran 2.000 hektare dan asuransi ternak sapi dan kerbau dialokasikan 2.000 ekor.
“Sedangkan Program Satu Rumah Satu Hafizh/hafizah terus kita tingkatkan agar tercipta generasi Tanah Datar yang Islami yang bakal memimpin di masa datang, agar Tanah Datar lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara itu sebelumnya Pengurus Masjid Jami’ Sungai Jambu Setrial Dt. Tan Kali menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas menjadikan masjid Jami’ salah satu masjid kunjungan Tim Ramadan.

“Alhamdulillah, terima kasih pak wabup dan rombongan serta pemerintah daerah yang telah menunjuk masjid ini sebagai salah satu masjid kunjungan tim ramadhan,” katanya.

Kemudian Setrial menyampaikan, masjid Jami’ telah pernah berprestasi di tingkat Kabupaten dan tingkat Sumatera Barat.

“Juara 1 masjid teladan tahun 2011 tingkat Kabupaten Tanah Datar, setahun kemudian juara 1 ajang sama tingkat Provinsi. Juga ada juara 1 Masjid Paripurna berwawasan lingkungan tahun 2012 serta Juara 1 Perpustakaan Masjid tingkat Provinsi Sumbar tahun 2013,” sampainya.

Tidak itu saja, tambahnya, berbagai kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat tetap dilaksanakan di masjid yang terletak di Jorong Sungai Jambu.

“Masjid melaksanakan program santunan anak yatim, pengelolaan zakat, pengelolaan Qurban, perpustakaan masjid, pondok Al Qur’an, ambulan masjid, punya taman kanak-kanak, serta juga membantu secara subsidi siswa kurang mampu melanjutkan ke perguruan tinggi, dan beberapa program lainnya,” tukasnya.

Baca Juga:  Program Satu Rumah Satu Hafiz Tanah Datar Tak Hanya Sasar Generasi Muda

Dalam kunjungan itu Wabup Richi Aprian menyerahkan bantuan sebesar Rp10 Juta ditambah 1 paket buku. Dan dilanjutkan tausyiah dari ustad Hadi Nurma. [djp/isr]

Terpopuler

Add New Playlist