Berita

2 Rumah Hangus Terbakar di Silungkang Dini Hari Tadi, Salah Satu Tempat Jual Gas

×

2 Rumah Hangus Terbakar di Silungkang Dini Hari Tadi, Salah Satu Tempat Jual Gas

Sebarkan artikel ini
Polisi memasang police line di lokasi kebakaran. [Foto: Dok. Humas Polres Sawahlunto]

Sawahlunto, Padangkita.com – Dua rumah ludes terbakar di di Panai Dusun Stasiun, Desa Silungkang Tigo, Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto, Jum’at (7/7/2023) dini hari tadi.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Sementara kerugian belum bisa ditaksir, dan penyebab kebakaran masih diselidiki polisi.

Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti melalui Kapolsek Muaro Kalaban AKP Elfi Heri menyebutkan, kebakaran tersebut diperkirakan mulai terjadi sekira pukul 03.45 WIB.

Api cepat membesar karena kedua rumah sebagian besar terbuat dari kayu atau rumah semi permanen. Dua rumah tersebut diketahui milik warga bernama Datos dan Alm. Kartini.

“Peristiwa itu dilihat pertama kali oleh warga sekitar ketika api sudah mulai membesar di rumah semi permanen milik Datos. Rumah itu sudah 3 hari ditinggal ke Jakarta. Sebagian besar struktur bangunan terbuat dari kayu,” ungkapnya dalam keterangan tertulis Jumat pagi.

Ia menyebutkan, di dalam rumah tersebut terdapat sejumlah tabung gas. Sebab, pemilik rumah tersebut sehari-hari berprofesi sebagai penjual gas bagi masyarakat sekitar.

“Sehingga api sepat menyebar ke rumah milik Kartini,” AKP Elfi Heri.

Mengetahui kejadian kebakaran ini, personel piket Polsek Muaro Kalaban segera turun ke TKP (tempat kejadian perkara) kebakaran, sekaligus menghubungi petugas pemadam kebakaran dari Desa Muaro Kalaban.

AKP Elfi Heri menambahkan, api baru bisa dipadamkan sekira pukul 06.30 WIB. Untuk menjinakkan api, Pemadam Kebakaran Kota Sawahlunto mengerahkan 3 armada, dan dibantu oleh personel Polsek Muaro Kalaban dalam proses kelancaran keluar masuk mobil pemadam kebakaran.

Untuk kerugian akibat kebakaran yang terjadi belum bisa ditaksir. Sedangkan penyebabnya masih dalam proses penyelidikan.

Baca juga: Sejak Awal Juni, 340 Kendaraan Ditilang di Sawahlunto

“Saat ini kami dari Polsek Muaro Kalaban di-back up oleh unit Identifikasi Sat Reskrim Polres Sawahlunto sudah memasang police line guna menjaga dan mengamankan TKP,” kata AKP Elfi Heri. [*/pkt]