2 Orang Calon Pengantin di Solok Selatan Dilaporkan Positif Covid-19

Penulis: Fuadi Zikri

Padang Aro, Padangkita.com – Dua orang dari beberapa calon pengantin yang melakukan swab di Solok Selatan (Solsel) dinyatakan positif Covid-19, Jumat (20/11/2020) pagi.

Pjs Bupati Solsel, Jasman Rizal menyebutkan, temuan kasus positif pada calon pengantin ini setelah pihaknya mengeluarkan kebijakan agar semua pasangan calon pengantin melakukan tes swab sebelum melakukan ijab kabul.

Baca Juga

“Kita (Pemkab Solsel) mengirim surat ke Kemenag Solsel agar semua calon pengantin yang akan menikah untuk swab terlebih dahulu,” kata Jasman kepada Padangkita.com, Jumat (20/11/2020).

Jasman yang juga Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar itu mengatakan, kebijakan ini diambil setelah pihaknya melihat adanya temuan klaster pernikahan setelah prosesi pernikahan selesai dibeberapa daerah di Sumbar.

Dengan demikian, menurut Jasman, setelah setiap pengantin menjalani swab sebelum pernikahan dilangsungkan dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 di Solsel, baik klaster pernikahan maupun klaster keluarga.

Bagi setiap calon pengantin yang dinyatakan positif Covid-19, pihak akan meminta kepada pihak keluarga untu menunda prosesi pernikahan agar calon pengantin itu dapat menjalani isolasi terlebih dahulu.

“Kalau positif kita isolasi, bagi yang ada gejala kita rawat. Keharusan swab ini dilakukan seminggu sebelum calon pengantin melakukan ijab qabul,” kata Jasman.

Jasman tidak merinci calon pengantin yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut. Ia menyebutkan, calon pengantin tersebut dinyatakan positif tadi pagi setelah menjalani tes swab beberapa hari sebelumnya.

“Calon pengantin ini bukan satu pasangan, jadi beda pasangan. Ada beberapa pasangan yang melakukan swab,” jelasnya.

Baca juga: Seorang Warga di Pasaman Barat Positif Corona untuk Kedua Kalinya

Ditambahkan dia, sebagai langkah pencegahan penyebaran, pihaknya juga akan mengambil sampel swab semua pihak keluarganya serta setiap orang yang pernah kontak dengannya. “Tentunya kita akan melakukan tracking,” tutup Jasman. [pkt]


Baca berita Solok Selatan terbaru, berita Sumbar terbaru dan berita Virus Corona (Covid-19) terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler