2 Kali Gelar Sumdarsin, Capaian Vaksinasi di Kota Payakumbuh Tembus 58 Persen

Penulis: Zulfikar Efendi

Payakumbuh, Padangkita.com – Setelah dua kali menggelar Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin), capaian angka vaksinasi di Kota Payakumbuh kini tembus 58 persen.

Bahkan, untuk Sumdarsin tahap 2 di Kota Payakumbuh, pelaksanaannya di gelar di 15 titik dengan satu lokasi, yaitu di GOR M Yamin.

Sebelumnya, untuk Sumdarsin tahap 1, sebanyak 4.151 orang divaksin, angka itu melebihi target awal yang hanya 4.000 orang.

Kemudian, untuk Sumdarsin tahap 2 ditargetkan sebanyak 3.600 orang. Namun, yang tercapai hanya 2.408 orang, terdiri dari 1.953 untuk dosis pertama dan 454 untuk dosis kedua, dan satu orang untuk dosis ketiga.

“Alhamdulillah, capaian vaksinasi kita sudah tembus 58 persen. Ini akan terus kita lanjutkan, agar capaian vaksinasi kita bisa mencapai 70 atau 75 persen,” ujar Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi, Kamis (4/11/2021).

Untuk mempercepat capaian vaksinasi, Riza juga meminta agar seluruh lurah untuk melakukan sensus kepada masyarakat yang ada di kelurahannya, supaya diketahui apa alasan dan keluhan dari masyarakat terkait keinginan mereka untuk mengikuti vaksinasi tersebut.

“Tujuannya supaya kita bisa mengetahui apa alasan masyarakat kita kenapa tidak mau divaksin. Dengan demikian kita bisa mencarikan jalan keluarnya, kalau perlu kita berikan penyuluhan kepada masyarakat yang tidak mau divaksin ini akan pentingnya vaksin ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehtan (Kadinkes) Kota Payakumbuh, Bakhrizal mengatakan, selain melaksanakan Sumdarsin, pihaknya juga bakal melaksanakan vaksinasi door to door ke rumah-rumah penduduk.

“Kita sedang mempersiapkannya, jadi masyarakat yang belum berkesempatan ikut vaksinasi nanti bisa mendapatkan vaksin,” ujar Bakhrizal.

Baca juga: Pemko Payakumbuh Pastikan Belajar Tatap Muka Ditunda hingga Capaian Vaksinasi Tembus 75 Persen

Sebelumnya, Kapolres Payakumbuh, Alex Prawira yang memberikan dukungan kepada vaksinasi ini mengatakan, dengan pelaksanaan Sumdarsin yang dilakukan serentak di seluruh Sumbar, bisa mendongkrak posisi Sumbar dari posisi 31 untuk terus ke atas. [zfk]

Terpopuler

Add New Playlist