2 Gempa Dangkal Guncang Kota Padang, Pusat di Laut Mentawai tak Berpotensi Tsunami

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Kota Padang dan sekitarnya kembali diguncang gempa, Minggu (11/9/2022) pagi. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa terjadi dua kali.

Gempa pertama berkekuatan magnitudo 6.1, terjadi pukul 06:10:43 WIB. Episenter atau pusat gempa berada di 147 km Barat Laut Kepulauan Mentawai atau 233 km Barat Daya Kota Padang. Persisnya pada 1.18 LS, 98.53 BT, di kedalaman 10 km di bawah laut..

Tak lama berselang, gempa kembali terjadi. Menurut BMKG, gempa kedua berkekuatan magnitudo 5.4. terjadi pukul 06:24:01 WIB. Episenter atau lokasi gempanya berdekatan dengan gempa pertama.

Yakni, pada 146 km Barat Laut Kepulauan Mentawai, atau 238 km Barat Daya Kota Padang. Lebih tepatnya pada 1.25 LS, 98.49 BT di ke dalaman 11 km di bawah laut.

Kedua gempa tidak berpotensi tsunami. Namun, guncangan gempa yang tergolong gempa dangkal tersebut dirasakan cukup kuat di Kota Padang, Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

Di Kota Padang, sejumlah warga sempat terkejut dan langsung lari ke luar rumah.

Baca juga: Tanggap Darurat Bencana Gempa Mentawai 21 Hari, PMI Sumbar Siap Tampung Donasi Masyarakat

“Gempanya terasa agak lama. Makanya saya lari dulu ke luar. Setelah terasa tenang, masuk ke rumah lagi. Gempanya dua kali,” ujar salah seorang warga yang tinggal di kawasan Padang Barat, Kota Padang. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist