17 Bunga Rafflesia dan 4 Bunga Bangkai Ditemukan Mekar di Agam

Berita Agam terbaru dan berita Sumbar terbaru: 17 bunga rafflesia dan 4 bunga bangkai ditemukan di Kabupaten Agam sepanjang 2020. Sejumlah satwa liar dilindungi juga masih terpantau keberadaannya.

Lubuk Basung, Padangkita.com – Sebanyak 17 bunga rafflesia dan 4 bunga bangkai ditemukan di Kabupaten Agam sepanjang 2020. Sejumlah satwa liar dilindungi juga masih terpantau keberadaannya.

Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat (Sumbar) Sumbar Resor Agam, Ade Putra mengatakan, 17 bunga rafflesia dan 4 bunga bangkai itu ditemukan dalam keadaan mekar.

Sementara itu, satwa liar dan dilindungi yang terpantau keberadaannya sepanjang 2020 yaitu beruang madu, kijang, kukang, harimau sumatra, macan dahan, kucing hutan, binturung, trenggiling, serta berbagai jenis burung seperti rangkong dan kuau.

“Tentunya ini menjadi kekayaan hayati Kabupaten Agam yang perlu terus dijaga dan dilestarikan” ujarnya kepada Padangkita.com via pesan Whatsapp, Sabtu (2/1/2020).

Ade menjelaskan, sepanjang 2020, masyarakat juga menyerahkan satwa dilindungi kepada BKSDA yaitu sebanyak 14 ekor. Rinciannya, 7 ekor baning cokelat, 4 ekor kucing kuwuk, 1 ekor kukang, 1 ekor binturung, dan 1 ekor burung rangkong.

Selain itu, sebanyak 36 orang warga telah melaporkan dan melakukan pendataan satwa burung peliharaannya ke BKSDA Sumbar Resor Agam. Satwa burung itu didaftarkan ke BKSDA setempat secara kolektif dan perorangan. Khusus pendaftaran secara kolektif, petugas BKSDA setempat mendatangi lokasi pecinta burung.

Baca juga: 10 Konflik Manusia dan Satwa Liar Terjadi di Agam, 1 Meninggal 1 Luka-luka

“Dan untuk warga yang telah melaporkan diberikan surat tanda pelaporan. Dalam surat itu juga dicantumkan kewajiban pemilik untuk memenuhi ketentuan peraturan perundang-udangan, memelihara kesehatan, kenyamanan, keamanan tumbuhan, satwa liar peliharaan, dan bersedia untuk dilakukan pengawasan oleh BKSDA,” sampainya. [pkt]


Baca berita Agam terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist