16 Nakes Positif Covid-19, Puskesmas Sungai Tarab Ditutup, Ada yang Kontak dengan Guru

Penulis: Agg

Berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini: Sebanyak 16 Tenaga Kesehatan (Nakes) di Sungai Tarab, Tanah Datar positif Covid-19.

Batusangkar, Padangkita.com – Layanan kesehatan di Puskesmas Sungai Tarab, kecamatan Sungai Tarab, Tanah Datar ditutup sementara. Langkah ini menyusul ditemukannya 16 orang tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas tersebut positif terinfeksi Corona (Covid 19).

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Tanah Datar Roza Mardiah menyebutkan, layanan kesehatan untuk masyarakat telah dihentikan sejak Senin (7/6/2021) kemarin. Soal kapan dibuka lagi, kata Roza, belum dapat dipastikan.

“Karena ada yang positif, untuk sementara dihentikan dahulu pelayanan dan Puskesmasnya ditutup sementara,” ujar Roza, Selasa (8/6/2021).

Karena banyaknya nakes yang terinfeksi atau lebih dari separuh pegawai Puskesmas, Roza mengaku, pihaknya saat ini masih melakukan tracing terhadap kontak erat nakes yang terinfeksi Covid 19 itu.

“Kita sekarang tracing dulu. Dengan siapa-siapa saja nakes ini kontak? Kita lihat siapa yang kontak 2 hari sebelum swab dan sebelum ada gejala bagi orang bergejala. Kita cari orang-orang itu,” sambungnya.

Menyinggung adanya guru yang kontak dengan nakes saat vaksinasi di Puskesmas tersebut, Roza menjelaskan pihaknya belum mengetahui secara pasti. Meski demikian, pihaknya tetap mengutamakan mencari dengan siapa-siapa saja nakes yang kontak erat.

“Kita cek dulu, apa ada nakes kita melakukan vaksinasi saat itu. Kita belum dapat informasi pasti soal itu. Biasanya, nakes kita berpakaian pengaman lengkap. Tapi kita tanya dulu ya, apa ada guru yang vaksin saat itu,” ujarnya.

Tingginya angka penyebaran Covid 19 di Tanah Datar, kata Roza, memang dusah diprediksi. Oleh sebab itu, ia mengimbau masyarakat untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan.

“Kita banyak melakukan swab PCR, kita sekarang juga punya tim pemburu tracing yang dibantu oleh Babinsa dan Babinkantibmas. Petugas mencari siapa-siapa yang kontak, lalu kita tes. Selain itu, ada juga masyarakat yang datang sendiri karena hilang penciuman dan rasa,” tutup Roza.

Baca juga: Positif Covid-19 Tanah Datar Tambah 11 Kasus, 5 Diantaranya Tenaga Kesehatan

Sementara itu, dalam beberapa hari terakhir, penambahan kasus infeksi Covid 19 di Tanah Datar meningkat drastis. Hingga Selasa (8/6/2021) kasus konfirmasi sebanyak 2.250 orang. Dari jumlah itu, 1.800 pasien sudah sudah sembuh dengan hasil negatif, dan 67 orang meninggal dunia. [pkt]


Baca berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler