Olahraga

152 Orang Kontingen Sumbar Berangkat Mengikuti Pornas Korpri XVI di Semarang

×

152 Orang Kontingen Sumbar Berangkat Mengikuti Pornas Korpri XVI di Semarang

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah bersama kontingen Sumbar yang akan berangkat ke Pornas Korpri XVI di Semarang. [Foto: Dok. Biro Adpim Sumbar]

Padang, Padangkita.com – Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) XVI Tahun 2023 di Kota Semarang, Jawa Tengah pada 13-23 Juli 2023 nanti.

“Tahun ini, kontingen dari Provinsi Sumbar berjumlah sebanyak 152 orang. Itu bentuk dukungan kita untuk menyukseskan Pornas Korpri ke-16,” ungkap Gubernur Mahyeldi saat melepas keberangkatan kontingen Provinsi Sumbar, di Istana Gubernur, Senin (10/7/2023).

Adapun rincian dari 152 orang kontingen asal Provinsi Sumbar tersebut adalah: 124 atlet, pelatih 11 orang dan 17 orang ofisial. Nantinya para atlet tersebut direncanakan akan mengikuti pertandingan di 10 cabang olahraga (cabor). Di antaranya Cabor Bulutangkis, Futsal, Bola Volley, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Senam Bugar Korpri, Balap Sepeda, Catur, Bola Basket, dan Gate Ball.

Mahyeldi menyebut,kan para atlet yang dikirim tersebut sebelumnya telah melalui tahapan seleksi di internal Pemprov Sumbar melalui Dinas Pemuda dan Olahraga. Ia berharap kontingen Kopri Sumbar dapat meraih prestasi dalam ajang tersebut.

“Kita menurunkan para atlet terbaik pada ajang Pornas Korpri ini, semoga nantinya mereka bisa mengharumkan nama Sumbar melalui prestasi,” kata Mahyeldi.

Selanjutnya, Mahyeldi mengajak seluruh ASN Pemprov Sumbar untuk turut mendoakan dan men-support para kontingen yang berangkat. Ia menegaskan, para atlet yang berangkat tersebut bukan hanya untuk berkompetisi semata, tetapi juga sebagai duta Pemprov Sumbar, perekat silaturahmi Korpri Sumbar dengan Kopri provinsi lain.

“Maknailah momentum ini sebagai ajang silaturahmi, perekat persatuan sesama anggota Organisasi Korpri se-Indonesia, jangan hanya dilihat dari sisi kompetisi semata,” ingat Gubernur Mahyeldi.

Sementara itu, Ketua Kontingen Pornas Korpri Sumbar Maifrizon melaporkan, Pornas Korpri XVI tahun 2023 diselenggarakan di Kota Semarang. Itu berdasarkanl keputusan Munas IX Badan Pembina Olahraga Korp Pegawai Republik Indonesia (Bapor Korpri) tentang Program NasioNapor Korpri.

“Kegiatan ini adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan semangat dan etos kerja para ASN melalui bidang keolahragaan yang tertuang secara jelas dalam Program Nasional Bapor Korpri hasil Munas ke-9 beberapa waktu yang lalu,” kata Maifrizon.

Ia mengatakan, nantinya Pornas Korpri akan diikuti oleh kontingen dari 34 Provinsi dan 106 Kementerian/Lembaga dengan 10 cabang perlombaan yang dibagi ke dalam 50 nomor.

“Sebelumnya, untuk proses penyeleksian atlet, Bapor Korpri Provinsi Sumbar telah bekerja sama dengan Dewan Pengurus Korpri Kabupaten/Kota,” ungkapnya.

Baca juga: Event Kejurnas Pacuan Kuda akan Mendongkrak Kunjungan Wisata dan Ekonomi Sumbar

Ia yaki para atlet yang diberangkatkan akan mampu berbuat banyak dalam ajang Pornas Korpri XVI di Kota Semarang. Sebab, kata dia, yang diberangkatkan adalah ASN terpilih setelah melalui berbagai tahapan penyeleksian dari Bapor Korpri se-Sumbar. [*/adpsb]