15 Gempa Bumi Guncang Sumbar Sepekan Terakhir, BMKG: Dipicu Aktivitas Zona Subduksi

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: BMKG mencatat 15 kali gempa bumi terjadi di Sumbar dalam sepekan terakhir.

Padang, Padangkita.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas 1 Padang Panjang, Sumatra Barat (Sumbar) mencatat sebanyak 15 kali gempa bumi terjadi di Sumatra Barat (Sumbar) dalam sepekan terakhir yakni Jumat-Kamis (11-17/6/2021),.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas 1 Padang Panjang, Irwan Slamet mengatakan gempa bumi yang terjadi terjadi karena aktivitas zona subduksi antara Lempeng Eurasia dan Lempeng Samudra Hindia serta Sesar Sumatra.

“Lima gempa bumi itu berlokasi di darat, sementara 10 gempa bumi berlokasi di laut. Selain itu, juga terdapat dua kali gempa bumi dirasakan pada periode tersebut,” tutur Irwan, Jumat (18/6/2021).

Dua gempa bumi dengan magnitudo sedang itu dirasakan pada Sabtu (12/6/2021) pukul 04.37 WIb di 25 kilometer Barat Daya Kabupaten Pasaman dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa tersebut dirasakan dengan skala II hingga III MMI di Kota Bukittinggi dan Padang Panjang.

Kemudian, gempa 4,3 magnitudo pada Minggu (13/6/2021) pukul 18.46 di 36 kilometer 36 Tenggara Kabupaten Merangin, Jambi dengan kedalaman dua kilometer pada skala III MMI di Kabupaten Merangin, Jambi.

Baca Juga: Pakar Unand Nilai Padang Paling Siap Hadapi Gempa dan Tsunami, tapi …

“Dari statistik yang kami himpun, terdapat enam kali kejadian gempa atau frekuensi terbanyak pada Minggu (13/6/2021), magnitudo terbesar di angka 4,9 dan magnitudo terkecil 2,5. Sementara untuk kedalaman terbesar yaitu 50 kilometer dan kedalaman terkecil dua kilometer,” ungkapnya. [adl/fru]



Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler