Teh Hitam Dipercaya Dapat Kurangi Berat Badan

Teh Hitam (Foto: Ist)

Padangkita.com – Banyak cara yang bisa digunakan untuk dapat menghasilkan tubuh yang sehat dan juga mampu mengurangi berat badan penggunanya.

Selain rajin mengonsumsi minuman berupa teh hijau, minuman lainnya yakni teh hitam ternyata memiliki manfaat dan khasiat yang sama juga.

Dikutip dari laman Indian Express, bahwa unsur bahan baku atau senyawa yang terdapat di teh hitam yang disebut polifenol ternyata dapat berfungsi mengubah energi pada proses metabolisme di hati.

Polifenol ini diprediksi memiliki manfaat yang cukup efektif untuk menurunkan berat badan dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun dalam penelitian sebelumnya dikatakan bahwa polifenol pada teh hijau lebih efektif dibandingkan polifenol yang ada pada teh hitam.

Namun pada perkembangannya polifenol yang ada pada teh hitam juga memiliki fungsi yang sama pada polifenol yang ada pada teh hijau.

“Temuan baru kami menunjukkan bahwa teh hitam, melalui mekanisme spesifik mikrobioma usus, juga dapat berkontribusi bagi kesehatan dan penurunan berat badan,” kata Susanne Henning, Profesor di University of California-Los Angeles (UCLA).

“Hasilnya menunjukkan bahwa teh hijau dan hitam adalah sebagai prebiotik, zat yang mendorong pertumbuhan mikroorganisme baik yang berkontribusi terhadap kesehatan seseorang,” lanjut Henning.

Penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition, peneliti melakukan percobaan pada seekor tikus yang mengonsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi gula, serta dilengkapi dengan teh hijau atau ekstrak teh hitam.

Namun, tikus yang mengonsumsi ekstrak teh hitam mengalami peningkatan jenis bakteri yang disebut Pseudobutyrivibrio yang bisa membantu menjelaskan perbedaan antara bagaimana teh hijau dan hijau mengubah metabolisme energi.

Dikatakan Zhaoping Li, Direktur Pusat Nutrisi Manusia UCLA, temuan ini menunjukkan bahwa manfaat kesehatan kedua teh melampaui manfaat antioksidannya dan keduanya memiliki dampak yang kuat pada mikrobiom usus. Menariknya, kandungan flavonoid antioksidan pada teh hitam juga diketahui baik untuk jantung dan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

BAGIKAN