Masih Muda Sudah Pikun, Coba Sering Makan ini

Padangkita.com – Masih muda tapi sering pikun atau pelupa. Coba sering makan cokelat. Cokelat merupakan salah satu cemilan yang digemari semua kalangan baik muda maupun tua. Cokelat juga dianggap mampu memperbaiki mood, kekebalan tubuh, dan kesehatan otak.

Selain itu, coklat mampu meningkatkan fungsi kognitif otak seperti meningkatkan daya ingat serta kemampuan berpikir logis. Salah satu jenis cokelat yang memiliki manfaat tersebut ialah dark chocolate atau cokelat hitam.

Hal tersebut dibuktikan berdasarkan penelitian sebagaimana dikutip dari Hellosehat. Orang dewasa muda yang mengkonsumsi coklat hitam memiliki daya ingat jangka pendek yang baik dibandingkan dengan orang yang makan cokelat putih biasa.

Berdasarkan penelitian pula diketahui bahwa cokelat baik bagi memori jangka panjang. Hal ini sesuai dengan uji coba yang dilakukan terhadap orang dewasa berusia 50-69 tahun.

Hasil penelitian yang dilakukan selama tiga bulan tersebut membuktikan bahwa peserta yang meminum suplemen kakao dengan flavanol tinggi memilki daya ingat yang lebih baik dibandingkan peserta yang meminum suplemen kakao dengan flavanol rendah.

Cokelat hitam mampu meningkatkan daya ingat otak karena memiliki kandungan zat flavanols. Flavanols adalah bentuk flavonoid, zat nabati yang memiliki efek anti-peradangan dan antioksidan. Sehingga cokelat hitam mampu meningkatkan daya ingat.

Saat cokelat hitam dikonsumsi, maka zat flavanols akan terakumulasi dalam otak yang disebut hippocampus. Hippocampus merupakan bagian otak yang berperan dalam pembelajaran, penyimpanan, dan pengolahan momori jangka panjang. Sehingga zat flavanols dapat memaksimalkan kerja saraf dan membantu meningkatkan daya ingat.

Penting untuk diingat, mengkonsumsi terlalu banyak cokelat juga tidak baik bagi kesehatan. Meski masih banyak diperdebatkan, kadar cokelat yang baik untuk dikonsumsi berkisar 500-750 miligram per hari.

Baca juga:
Payakumbuh Botuang Festival Tetapkan 24 Relawan Terpilih