Lima Cara Mengurangari Rasa Nyeri Saat Menstruasi

Padangkita.com – Datang bulan atau sering disebut dengan istilah menstruasi merupakan tamu wajib bulanan setiap perempuan. Ia datang sesuai jadwal yakni setiap 28 hari setelah menstruasi dan jarang melenceng dari jadwal jika tubuh dalam keadaan sehat.

Namun, ada sebagian perempuan yang merasakan sakit tak tertahankan saat menstruasi. Bahkan, menstruasi dapat melumpuhkan segala aktivitas seorang perempuan dan berakhir dengan berbaring di tempat tidur seharian.

Rasa sakit atau tersebut disebabkan naiknya produksi hormon prostaglandin yang mengakibatkan rahim berkontraksi dan menegang. Sehinggga perempuan merasakan nyeri saat menstruasi.

Hal ini tentu tidak diinginkan oleh perempuan yang memiliki segudang aktivitas. Nah, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa nyeri saat menstruasi yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Kompres perut dengan air hangat

Suhu panas dapat membantu peregangan otot-otot perut yang kram dan melancarkan peredaran darah. Sehingga, kram pada perut dapat terobati.

2. Mengkonsumsi makanan sehat

Beberapa makanan sehat yang dapat kamu konsumsi, seperti salmon, sarden, teri, susu, pisang, brokoli, dan sawi. Makanan tersebut mengandung omega 3 dan magnesium yang dapat mengurangi peradangan yang menyebabkan perut nyeri.

3. Mengkonsumsi ramuan herbal

Ramuan seperti kunyit asam yang mampu mengurangi rasa nyeri karena kunyit bersifat anti inflamasi.

4. Olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan seperti jogging atau hanya sekedar jalan kaki sekitar kompleks tempat tinggal. Hal ini membantu melancarkan peredaran darah sehingga suplai darah dan oksigen dalam rahim tercukupi.

5. Meminum obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri banyak macamnya di pasaran, aspirin dan ibuprofen misalnya. Obat ini ampuh menghambar rasa nyeri sebaba berfungsi untuk menghambat produksi prostaglandin dan mengurangi kontraksi rahim yang menyebabkan rasa nyeri.

Baca juga:
"Return to Bilah" Ekplorasi Bunyi Bambu Ala Taufik Adam