Inilah Dampak Minum Susu di Pagi Hari Saat Perut Kosong

Ilustrasi susu (Foto: pexels)

Padangkita.com – Salah satu kebiasaan masyarakat di Indonesia adalah meminum segelas susu saat sarapan pagi. Mereka memilih meminum susu dibandingkan harus memakan nasi atau roti. Lantas apakah susu baik dikonsumsi saat perut belum terisi pada pagi hari?.

Seperti diketahui, susu merupakan salah satu jenis minuman yang diambil dari kelenjar susu mamalia.

Zat yang berada di dalam susu sangatlah dibutuhkan untuk perkembangan dan keoptimalan kinerja tubuh. susu mengandung kalsium tinggi dan merupakan minuman yang menjadi sumber kalsium.

Susu juga mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, riboflavin, fosfor, vitamin A, Vitamin B12, kalium, magnesium, dan seng. Kandungan nutrisi dan zat-zat pada susu sangat dibutuhkan oleh organ tubuh manusia terutama tulang.

Beberapa manfaat dari susu untuk kesehatan diantaranya menetralisir racun dalam tubuh, Memberikan energi untuk tubuh, Mengendalikan tekanan darah, dan Membantu menurunkan berat badan.

Menurut Dr Rupali Datta, nutrisionis klinis dari Okhla, Delhi India mengatakan meminum segelas susu sebagai menu sarapan pagi adalah hal yang biasa saja, tidak ada efek negatif meski pun perut dalam keadaan kosong.

Selain itu menurutnya, susu adalah sebuah menu makanan yang lengkap untuk mengawali hari dengan satu catatan.

“Aku tidak melihat adanya masalah mengonsumsi susu pada saat perut kosong kecuali Anda mengalami masalah pencernaan yang kurang baik, atau intoleran pada laktosa,” ujarnya seperti dikutip dari NDTV Food, Senin (30/10/2017).

Sementara itu, pakar kesehatan Shilpa Arora ND tidak menganjurkan meminum susu saat perut masih kosong.

Menurut nutrisionis makrobiotik dan praktisi kesehatan ini, untuk konsumsi makanan atau minuman di pagi hari sebaiknya adalah makanan yang mudah untuk dicerna oleh tubuh.

“Jika perut Anda kosong, Anda harus selalu memulai dengan sesuatu yang ringan serta memiliki efek pembersihan pada sistem Anda. Chaach (minuman fermentasi khas India) atau makanan fermentasi lainnya jauh lebih mudah dicerna,” jelasnya.

Dirinya menyarakan meminum air lemon atau cuka apel akan lebih sehat dibanding meminum segelas susu di pagi hari.

Baca juga:
Lima Cara Mengurangari Rasa Nyeri Saat Menstruasi