Bupati Pessel Imbau Warga Waspada Potensi Bencana

Jembatan rusak akibat banjir yang melanda Kabupaten Sijunjung, Selasa (28/03/2017) (Foto: BPBD)

Padangkita.com – Bupati Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) meminta warga yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai (DAS), dataran rendah, kawasan pantai dan perbukitan mesti mewaspadai potensi bencana seperti banjir, tanah longsor dan abrasi, seiring tingginya curah hujan belakangan ini.

“Secara geografis, Pesisir  Selatan rawan akan berbagai macam bentuk bencana seperti tanah longsor, banjir, abrasi pantai dan lainnya. Maka oleh karena itu, masyarakat diminta selalu waspada dengan tingginya curah hujan beberapa hari terakhir, ” katanya dikutip dari pesisirselatankab, Kamis (04/10/2018).

Hal tersebut menurutnya agar tidak terjadi kerugian materil dan korban jiwa jika bencana tersebut datang. Sebab, sebagian besar warga kabupaten ini tinggal di daerah-daerah rawan bencana seperti longsor, banjir, abrasi dan sebagainya.

Dikatakan,  sikap waspada harus selalu diperlukan karena bencana tersebut bisa datang secara tiba-tiba, apalagi pada musim hujan, luapan air sungai bisa terjadi, bahkan longsor.

Di Pesisir Selatan terdapat banyak aliran sungai, kawasan pantai dan perbukitan. Mayoritas warganya bermukim di sekitar daerah rawan, sehingga setiap terjadi bencana selalu menelan kerugian materil bagi pemiliknya, bahkan jiwa.

“Semua daerah ini rawan bencana alam, maka setiap hujan turun, kita imbau warga agar selalu waspada dengan kemungkinan terburuk dari risiko bencana yang bakal terjadi, paling tidak bisa menyelamatkan diri dan keluarga jika bencana itu datang,” ingatnya. (Ril)

Baca juga:
Masuki Musim Hujan, Pemkab Pessel Minta Masyarakat Siap Siaga Hadapi Bencana