AFE Diharapkan Bangun Iklim Perfilman di Sumbar

Andalas Film Exhibition
(Foto: Istimewa)

Padangkita.com – Andalas Festival Exhibition (AFE) menggelar festival film yang akan dilaksanakan pada 18 November hingga 03 Desember mendatang.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas, Hasanuddin Yunus berharap kegiatan yang diselenggarakan oleh AFE bisa membangun iklim perfilman di kalangan generasi muda, khususnya mahasiswa. Selain itu, hal ini akan mendorong berkembangnya wacana perfilman ke arah yang lebih beragam dan kaya gagasan-gagasan.

“Ini ajang yang luar biasa, karena film adalah media yang paling efektif untuk saat ini. Film sangat besar pengaruhnya bagi penyebaran ide-ide, gagasan-gagasan atau nilai-nilai yang baik bagi kehidupan,” katanya (Selasa, 14/11/2014).

Hasanuddin menyatakan dalam pengamatannya terhadap film-film Indonesia saat ini banyak yang membawa pengaruh kurang baik, tapi masyarakat malah menyukainya. Sebaliknya, ada film yang menawarkan wacana pendidikan namun kurang mendapat perhatian dan penerimaan dari masyarakat.

Dirinya menambahkan, penyelenggaraan AFE adalah sebuah terobosan yang patut disokong semua pihak. Dengan rangkaian program berupa pembelajaran film, diskusi film dan kritik dunia film, AFE hadir sebagai proses pendidikan wacana film.

Agenda festival film nasional AFE melibatkan siswa-siswi SMA se-Sumatra Barat. Mereka akan diikutsertakan dalam kelas film, dengan dibimbing oleh sineas-sineas berpengalaman.

Kelas film tersebut diselenggarakan untuk membagi pengetahuan dan ketrampilan kepada generasi pelajar. Dari kelas ini, diharapkan kelak akan lahir sineas-sineas muda yang mampu menciptakan film-film berkualitas dan mencerahkan. Dapat memberi alternatif, sehingga masyarakat tidak terperangkap hanya dalam satu narasi besar saja.

“Bagaimanapun, dalam kehidupan ini tidak hany a terdiri dari satu narasi besar saja. banyak nanrasi-narasi kecil (alternatif) yang kadang lebih bernilai dari narasi besar itu,” imbuh sang Dekan.

BAGIKAN