6 Cara Ampuh Sembuhkan Diare

Ilustrasi. (Pixels)

Padangkita.com – Diare merupakan salah satu penyakit yang sering menghampiri kawala muda. Hal ini dikarenakan kawala muda pada umumnya tidak teratur makan dan tidak hati-hati dalam memilih makanan.

Diare disebabkan oleh beberapa hal berikut seperti intoleransi terhadap makanan (laktosa), infeksi (bakteri, virus, atau parasit), serta penyakit usus.

Akibatnya, perut terasa sakit dan kram serta bolak balik ke toilet. Selain itu, diare juga dapat menyebabkan mual dan muntah, demam, menurunkan berat badan, dan kurang tidur sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berikut beberapa cara alternatif yang dapat digunakan untuk menyembuhkan diare dirangkum dari beberapa sumber.

  1. Mengkonsumsi makanan kaya akan potasium seperti pisang, ubi, dan kentang yang dapat meningkatkan sistem kekebalan dan memperlancar sistem metabolisme.

  2. Meningkatkan konsumsi cairan berupa air putih, jus, atau kaldu. Tujuannya ialah untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang.

  3. Mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt dan keju.
    Mengapa probiotik? Karena probiotik mampu meningkatkan jumlah bakteri sehat untuk melawan kuman yang terdapat pada saluran pencernaan.

  4. Hindari beberapa makanan, makanan pedas misalnya.
    Makanan pedas berasal dari kandungan capsaicin yang terdapat dalam cabe dan merica. Komponen tersebut tidak langsung diuraikan oleh tubuh manusia saat proses pencernaan berlangsung. Sehingga makanan bergerak lebih cepat melalui saluran pencernaan. Akibatnya, dihasilkan feses yang encer atau diare.

  5. Meminum air rebusan daun jambu biji dan jahe.
    Jahe mampu menyembuhkan diare karena kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya mampu membunuh bakteri penyebab diare.

  6. Istirahat.
    Sebab diare sering diderita oleh orang-orang yang memiliki banyak aktifitas hingga akhirnya lupa makan dan kecapekan. Sehingga kondisi tubuh semakin melemah dan mudah terserang virus yang menyebabkan diare.

Baca juga:
294 Penderita HIV Ditemukan di Padang Hingga September 2017