Unand Terima Mahasiswa Baru Lewat Jalur Tahfiz Qur’an

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Universitas Andalas (Unand) menerima mahasiswa baru melalui Seleksi Masuk Unand (SIMA) jalur prestasi. Jalur seleksi ini salah satunya diperuntukkan bagi siswa yang memiliki prestasi penalaran di bidang agama, yaitu hafiz atau penghafal Alquran minimal 10 juz.

Dikutip dari lama pmb.unand.ac.id, pendaftaran SIMA jalur prestasi akan dibuka pada 12 Mei hingga 7 Juni 2022. Mekanismenya yakni peserta mendaftar secara daring pada laman https://pmb.unand.ac.id. Tahap pendaftaran meliputi membayar uang pendaftaran, mengisi biodata, dan memiliih program studi.

Dokumen yang harus disiapkan untuk diunggah oleh pendaftar yakni ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL), nilai rapor semester I-V, dan bukti hafiz Alquran minimal sepuluh juz berupa sertifikat dari sekolah.

Seleksi uji hafalan akan digelar pada 8 hingga 22 Juni 2022. Adapun pengumuman hasil seleksi dilakukan pada 24 Juni 2022. Peserta yang lulus dapat melakukan pendaftaran ulang dari 27 Juni hingga 1 Juli 2022.

SIMA jalur prestasi sendiri meliputi sejumlah bidang mulai dari penalaran, sains, olahraga, keagamaan, kesenian hingga kepemimpinan.

Baca Juga: UNP Segera Punya Fakultas Kedokteran, Ini Persiapan yang Dilakukan

Kriteria prestasi yakni serendah-rendahnya juara III dalam bidang bakat, minat, dan penalaran pada kejuaraan/lomba tingkat internasional atau nasional. Prestasi tersebut diperoleh dalam tiga tahun terakhir selama pendidikan dan/atau setelah tamat. [den/fru]

Terpopuler

Add New Playlist