Tingkat Partisipasi Pemilih Pilkada Solsel Tertinggi di Sumbar, Capai 81,66 Persen

Padangkita.com: Pilkada Sumbar 2020, Pilgub Sumbar 2020, Pemilihan Suara Ulang,

Ilustrasi Pencoblosan di TPS. [Foto: Zulfikar/Padangkita.com]

Arosuka, Padangkita.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan (Solsel) mencatat tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 di Solsel cukup tinggi.

Ketua KPU Solsel, Nila Puspita kepada Padangkita.com mengatakan, untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, tingkat partisipasi pemilih mencapai 81,66 persen. Sementara itu, tingkat partisipasi pemilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) mencapai 81,70 persen.

"Untuk partisipasi pemilih Pilkada kabupaten, kita yang paling tinggi di Sumbar. Tentunya ini lebih tinggi dari Pilkada sebelumnya," kata Nila melalui sambungan telepon, Kamis (17/12/2020).

Dia menyebutkan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Solsel sebanyak 112.130 pemilih. Namun, sebanyak 790 orang dari jumlah itu pindah memilih ke daerah lain.

Walau begitu, ada penambahan sebanyak 2.444 orang yang pemilih menggunakan KTP elektronik di Solsel. "Total keseluruhannya (pemilih) sebanyak 115.364 orang," ucap Nila.

Dari 115.364 orang pemilih itu, lanjut Nila, sebanyak 93.568 orang mengikuti pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, dengan suara sah 91.420 suara dan tidak sah 2.274 suara.

"Ini jauh meningkat dari Pilkada 2015 yang partisipasi pemilihnya hanya berkisar 78 persen. Jadi lumayan meningkat," katanya.

Sedangkan untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, jumlah pemilihan sebanyak 93.609 orang. "Untuk partisipasi penyandang disabilitas, kita juga cukup tinggi. Hanya beberapa persen saja yang tidak datang ke TPS," terang Nila.

Baca juga: Partisipasi Pemilih Kota Padang di Bawah Target Nasional, tapi Meningkat Dibanding Pilgub Sebelumnya

Nila menambahkan, KPU melakukan pleno pada Rabu (17/12/2020) malam sekitar pukul 21.50 WIB. Setelah pleno, KPU dengan segera mengirim hasilnya ke KPU Sumbar untuk dilakukan perekapan tingkat provinsi.

"Hasil perekapan Pilgub tingkat kabupaten akan segera kita kirim ke KPU Sumbar, untuk tahapan di provinsi," tambah Nila. [pkt]


Baca berita Solok Selatan terbaru, berita Sumbar terbaru dan berita Pilkada Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Baca Juga

PKS dan Gerindra Resmi Usung Mahyeldi dan Vasko di Pilgub Sumbar, Andre Rosiade: Insya Allah Menang
PKS dan Gerindra Resmi Usung Mahyeldi dan Vasko di Pilgub Sumbar, Andre Rosiade: Insya Allah Menang
Pilkada Sumbar dan Tantangan Relasi Pusat - Daerah
Pilkada Sumbar dan Tantangan Relasi Pusat - Daerah
Fadly Amran Siap Maju Pilkada Sumbar 2024, Tegaskan Gerakan Perubahan Bukan Sekadar Tagline
Fadly Amran Siap Maju Pilkada Sumbar 2024, Tegaskan Gerakan Perubahan Bukan Sekadar Tagline
Berita Sumbar hari ini dan berita Pilkada Sumbar hari ini: Mendagri berencana melantik 12 pasangan kepala daerah di Sumbar 26 Februari 2021.
Kepala Daerah Terpilih dalam Pilkada Sumbar 2020 Telah Ditetapkan, Kabupaten Solok Masih Belum Ada Kepastian
Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Usai penetapan, KPU Sumbar langsung menyerahkan berita acara dan SK ke DPRD Sumbar
Usai Menetapkan Pasangan Calon Terpilih, KPU Sumbar Serahkan Berita Acara dan SK ke DPRD Hari Ini
Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Polda Sumbar mengerahkan 1.300 personel untuk pengamanan mudik Lebaran 2021.
Polisi Siagakan 518 Personel Amankan Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Terpilih