Seleksi PPDB SMP Kota Padang Tahap Satu, 6.144 Siswa Dinyatakan Lulus

Penulis: Fuadi Zikri

Padang, Padangkita.com – Sebanyak 6.144 calon peserta didik yang mengikuti seleksi Peneriaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap I jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Padang dinyatakan lulus seleksi.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang, Syafrizal Syair mengatakan, dari jumlah tersebut, sebanyak 5.646 berasal dari jalur zonasi dan 498 dari jalur afirmasi.

“Kita menargetkan kuota untuk tahap I ini 7.741 peserta yang lulus, dari zonasi 5.936 peserta dan afirmasi 1.805 peserta. Tapi hanya 6.144 yang dinyatakan lulus,” kata Syafrizal kepada Padangkita.com, Sabtu (3/7/2021).

Syafrizal mengungkapkan, sisa dari kuota yang ditargetkan tersebut dialihkan pihaknya ke tahap II, yaitu sebanyak 1.597 calon peserta didik. Tahap II ini telah dibuka pendaftarannya mulai hari ini, Sabtu (3/7/2021) hingga 5 Juli 2021 mendatang.

Diketahui, Disdikbud Sumbar telahg membuka pendaftaran tahap I PPDB jenjang SMP ini selama tiga hari pada 26 hingga 28 Juni 2021 lalu. Pendaftran dilakukan secara online melalui situs http://psb.diknaspadang.id/esempe/.

Pada tahap I tersebut, Disdikbud Kota Padang menyeleksi para calon peserta didik dengan sistem zonasi. Pendaftaran dibuka dengan dua jalur, yaitu jalur Zonasi dengan kuota 55 persen dan afirmasi 17 persen.

Sementara itu, pendaftaran PPDB SMP tahap dua ini juga berlangsung selama tiga hari. Pendaftaran pada tahap ini dibuka dengan bebas zonasi dengan dua jalur, yaitu jalur prestasi dengan kuota 23 persen dan perpindahan tugas orang tua lima persen.

Baca Juga: Pendaftaran Tahap II PPDB SMP di Padang Dibuka hingga 6 Juli, Ini Ketentuannya

Namun, Syafrizal tak menyebutkan berapa jumlah kuota PPDB pada tahap ini. [abe]

Terpopuler

Add New Playlist