Makan Bajamba Jadi Agenda Tetap HUT Kota Pariaman Tiap Tahun

Penulis: Redaksi
Pariaman, Padangkita.com – Wali Kota Pariaman Genius Umar beserta pejabat, ASN dan masyarakat, makan bajamba di Balairung Rumah Dinas Wali Kota.

Makan bajamba persis setelah selesai Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Pariaman tentang HUT ke-20 Kota Pariaman, Sabtu (2/7/2022).

Adapun jamba disiapkan oleh Pemko Pariaman yang berasal dari kecamatan. Tiap kecamatan menyediakan 10 jamba yang berasal dari desa/kelurahan masing-masing.

Lali, tiap jamba berisi sajian makanan yang terdiri dari beberapa menu makanan khas tradisional Kota Pariaman. Ada telur mata sapi bawang goreng, kacang panjang goreng khas muluik, terung goreng muluik, dan karupuak olen balado.

Kemudian, pangek ikan, anyang, kalio ayam, goreng ayam balado, perkedel kentang, rendang, dan telur goreng balado.

Wali Kota Genius Umar didampingi oleh Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin menyebutkan, makan bajamba ini merupakan tradisi budaya Kota Pariaman yang harus dilestarikan, agar dikenal oleh anak dari generasi ke generasi.

“Dengan makan bajamba, akan tercipta rasa kebersamaan dan persaudaraan antara pemerintah, niniak mamak, dan bundo kanduang di tengah-tengah masyarakat,” kata Genius Umar.

Dalam tradisi makan bajamba, lanjut Genius, akan banyak budaya dan maknanya diketahui.

Seperti, cara duduk, hitungan orang yang makan dalam satu jamba dan etika makan bajam lainnya.

“Dan, kita juga diajarkan bagaimana caranya berbagi makanan dalam satu jamba itu agar semuanya bisa menikmati makanan tersebut,” jelas Genius Umar.

Lebih jauh Genius mengungkapkan, makan bajamba ini akan selalu diadakan setiap tahun, saat peringatan ulang tahun Kota Pariaman. Semua kalangan masyarakat boleh ikut serta meramaikan kegiatan ini.

“Alhamdulillah acara makan bajamba hari ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar, semua tamu undangan datang, begitu juga dengan masyarakat yang ingin bergabung dalam acara ini,” ujar Genius.

Baca juga: HUT ke-20 Kota Pariaman Bakal Dimeriahkan Tablig Akbar Bersama UAS, Catat Tanggalnya

‘Mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat terlaksana setiap tahunnya, agar budaya kita selalu terjaga dan tidak tergerus oleh zaman, dan bisa dilanjutkan oleh anak cucu kita nanti,” ulas Genius Umar. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist