#hantavirus Trending di Media Sosial, Ini 4 Faktanya

Penulis: Mentari Tryana

Gejala Virus Hanta

Gejala virus hanta yang dirasakan pasien dengan penyakit hantavirus pulmonary syndrome (HPS) adalah seperti kelelahan, demam, dan nyeri otot, bersama dengan sakit kepala, pusing, kedinginan dan masalah perut.

Menurut CDC, jika penyakit ini tidak diobati segera, maka akan menyebabkan batuk dan sesak napas dan dapat berakibat fatal.

Tingkat kematian akibat HPS cukup tinggi yaitu sekitar 38 persen.

Gejala yang sama juga dirasakan pasien dengan penyakit demam berdarah dengan sindrom ginjal (HFRS), namun penyakit ini dapat menyebabkan tekanan darah rendah, syok akut, kebocoran pembuluh darah, dan gagal ginjal akut.

HPS tidak dapat ditularkan dari orang ke orang, penularan HFRS antar manusia pun sangat jarang.

Sesuai CDC, kontrol populasi hewan pengerat adalah strategi utama untuk mencegah infeksi hantavirus.

Pengobatan Penyakit Akibat Virus Hanta

CDC menyebut tidak ada perawatan khusus, penyembuhan, atau vaksin untuk infeksi hantavirus. Namun, pasien yang dinyatakan positif terinfeksi harus segera melakukan perawatan intensif, pasien diisolasi dan diberikan terapi oksigen untuk membantu mereka melalui periode kesulitan pernapasan yang parah.

Semakin awal pasien dibawa ke perawatan intensif, semakin baik. Jika seorang pasien mengalami kesusahan penuh, kecil kemungkinan perawatan akan efektif.

Terpopuler

Add New Playlist