Daftar Air Terjun di Kota Padang, Pilihan Destinasi untuk Melepas Stres

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Meski merupakan daerah perkotaan yang menjadi pusat kota dari Provinsi Sumbar, ternyata Kota Padang masih menyimpan sejumlah destinasi alami, seperti air terjun yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Berikut dirangkum Padangkita.com, daftar destinasi air terjun di Padang yang cocok untuk pilihan destinasi melepas stres dari kejenuhan rutinitas anda:

1. Air Terjun Sarasah Sikayan Balumuik

Air Terjun Sarasah Sikayan Balumuik. [Foto: Padangkita/isran]
Pilihan pertama yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi adalah Air Terjun Sarasah Sikayan Balumuik. Destinasi ini berlokasi di kawasan Ulu Gadut, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, hanya berjarak 17 kilometer saja dari pusat Kota Padang.

Air terjun Sarasah memiliki bentuk yang unik karena sekilas tampak seperti piramida dan dipercantik dengan pemandangan alam yang eksotis di antara hutan yang belum banyak terjamah.

Destinasi wisata ini cocok untuk tempat menenangkan diri dari penat dan stres rutinitas anda. Air terjun ini juga sangat segar dan dingin dengan air yang jernih sehingga akan menghilangkan penat saat berendam di dalamnya.

Selain dapat menggunakan kendaraan pribadi Anda juga bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju ke lokasi. Tiket masuknya juga sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 saja.

2. Air Terjun Lubuk Tampuruang

Air Terjun Lubuak Tampuruang. [Foto: Padangkita/isran]
Wisata alam Air Terjun Lubuak Tampuruang juga tak kalah indah untuk menjadi destinasi pilihan. Nama Lubuak Tampuruang sendiri diambil dari kolam yang mirip tempurung kelapa dengan kedalaman 2 sampai 3 meter berwarna hijau lumut.

Destinasi ini juga dikelilingi oleh pepohonan sehingga membuat pemandangan menjadi indah dan suasana yang asri.

Lokasi air terjun ini hanya 20 kilometer dari pusat kota. Biaya retribusi juga sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 3.000 untuk masuk ke destinasi wisata ini.

Di sekitaran air terjun ini dipenuhi dinding deretan batu alam yang indah. Anda juga berenang di kawasan air terjun ini sambil melihat pemandangan alam yang indah dan masih alami di sekitarnya.

4. Air Terjun Lubuk Hitam

Air Terjun Lubuk Hitam. [Foto: Dok. Indonesia Traveler]
Air Terjun Lubuk Hitam atau Air Terjun Tiga Tingkat terletak di Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Tepatnya berlokasi di Kelurahan Teluk Kabung Utara atau sekitar 25 kilometer arah selatan Kota Padang.

Waktu tempuh menuju kelurahan ini sekitar satu jam perjalanan darat dengan sepeda motor atau mobil.

Setelah memarkirkan kendaraan, perjalanan hanya dapat dilalui dengan jalan kaki karena air terjun ini terdapat di atas perbukitan.

Sepanjang perjalanan, kita akan melewati jalur berkelok dengan pemandangan perbukitan di sisi kiri dan lanskap laut lepas di sisi kanan. Pintu masuk ke kawasan ini berupa jalan kecil di sebelah kiri Jalan Raya Padang-Painan, tidak jauh dari Kantor Kepolisian Sektor Bungus Teluk Kabung.

Begitu masuk, kita akan menemukan jalan beton dengan lebar sekitar 2 meter yang di sisi kiri dan kanannya terhampar sawah milik warga. Di depan, terbentang bukit hijau seolah menyambut siapa pun yang datang. Di sela-sela bukit terlihat air terjun. Setelah berkendara lebih dalam lagi dan melewati perkampungan, kita akan memasuki hutan hujan tropis.

Rasa lelah saat menyusuri jalan setapak akan terobati oleh suguhan alam yang tersaji sepanjang perjalanan, seperti gemercik air sungai sepanjang jalur, kicau burung yang bertengger di dahan pepohonan, dan riuh suara berbagai jenis serangga hutan, sampai akhirnya bertemu dengan air terjun.

Tiga tingkat Air Terjun Lubuk Hitam disebut juga Air Terjun Tiga Tingkat karena ada tiga air terjun sekaligus di tempat itu. Mencapai air terjun pertama dan kedua relatif mudah karena tidak begitu menanjak.

Air terjun dengan ketinggian masing-masing 2 meter dan 10 meter itu bisa dicapai setelah berjalan kaki melewati kebun kakao warga, 10 menit dari lokasi parkir.

5. Air Terjun Ngugun Saok

Air Terjun Ngungun Saok. [Foto: Dok. Facebook.com@pesonasumaterabarat]
Air Terjun Ngungun Saok berada di Bukit Lubuk Minturun. Air terjun ini tampak cantik karena tebing-tebing batu yang menjulang tinggi. Aliran air terjun ini sangat bening hingga dapat terlihat bebatuan yang ada di dasar yang kedalamannya satu sampai dua meter. Air ini juga sangat sejuk sehingga sangat nyaman untuk menyegarkan badan.

Air Terjun ini berada di Koto Tangah, Padang. Harga tiket masuk sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 saja dan parkir Rp 3.000. Dari tempat memarkirkan kendaraan, Anda masih harus melanjutkan perjalanan yang cukup sulit. Anda akan dibawa berpetualang dan rasa lelah Anda akan terbayar kemudian dengan keindahan alam di sekitar Air Terjun Ngungun Saok.

6. Bendungan Niagara Koto Pulai

Bendungan Niagara Koto Pulai. [Foto: Google Maps/Hicler Sihombing]
Bendungan ini dijuluki Niagara mininya Kota Padang. Awalnya bendungan ini berfungsi untuk menahan arus deras sungai yang mengalir ke muara. Akan tetapi, bendungan ini justru membentuk air terjun yang bertingkat dan menyerupai tirai sehingga tampak sangat indah dan menarik banyak pengunjung untuk datang.

Berlokasi di Koto Panjang Ikua Koto, Kecamatan Koto Tangah, pemandangan dari bendungan sendiri ditambah dengan keindahan alam di sekitarnya, apalagi saat matahari terbenam. Udara di sekitar juga khas pegunungan, terasa dingin menyejukkan.

Destinasi wisata ini kemudian semakin populer saat banyak orang yang mengenalkannya melalui sosial media.

Baca Juga: Wadahi Kolaborasi UMKM Pelaku Wisata, Unand-University Queensland Hadirkan AIBRHub

Destinasi wisata Bendungan Niagara Koto Pulai ini cukup dekat dengan Kota Padang. Jaraknya kurang lebih hanya 18 kilometer atau 30 menit perjalanan saja. Kini lokasi wisata ini menjadi destinasi favorit yang banyak dikunjungi. Jika Anda berada di Padang, maka destinasi wisata satu ini sangat sayang untuk dilewatkan. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist