Waspada Penipuan! Honorer K2 Diminta Tidak Percaya Rumor

Ilustrasi ASN (Foto: Setkab.go.id)

Padangkita.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengimbau tenaga honorer kategori 2 (K2) untuk lebih berhati-hati terhadap aksi penipuan. Belakangan ini beredar rumor yang mengatasnamakan Kementerian PANRB agar honorer K2 mengumpulkan data tertentu.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman mengatakan bahwa ada rumor mengenai pengumpulan biodata K2 yang diinstruksikan oleh Badan Anggaran DPR RI dan Kementerian PANRB. Sementara itu, koordinator pengumpulan data tersebut mengatasnamakan Forum Honorer K2.

“Kami tegaskan bahwa itu tidak benar. Kementerian PANRB tidak pernah memberikan instruksi terkait hal tersebut,” ujar kata Herman, Senin (12/03/2018), dilansir laman Kementerian PANRB.

Herman menjelaskan, ada tenaga honorer K2 dari Kabupaten Cianjur yang mengkonfirmasi kabar itu. Bahkan mereka mengakui ditarik sejumlah biaya untuk pengumpulan data tersebut.

Selanjutnya, Herman mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tidak serta merta mempercayai jika ada informasi terkait tenaga honorer K2. Masyarakat juga diminta untuk lebih selektif terhadap informasi yang beredar dan mencari tahu kebenarannya.

“Jika ada informasi seperti itu, dimohon untuk lebih waspada dan mengkonfirmasi dahulu ke Kementerian PANRB. Modus seperti itu potensial ujung-ujungnya penipuan,” tegasnya.