Wapres: Mahasiswa Jangan Mimpi Jadi PNS

Wakil Presiden Jusuf Kalla saat berpidato di peresmian Rumah Sakit Universitas Andalas, Sabtu, 4 November 2017. (Foto.Padangkita.com)

Padangkita.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta mahasiswa di Indonesia untuk tidak bermimpi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal itu disampaikannya saat acara peresmian Rumah Sakit Universitas Andalas, Padang, Sabtu (04/11/2017).

Daripada menjadi PNS, Wapres lebih menganjurkan mahasiswa untuk menjadi pengusaha. Mahasiswa bisa membuka usaha sendiri atau bekerja di dunia usaha.

JK mengungkapkan, dari empat ribu perguruan tinggi di Indonesia, setiap tahunnya dihasilkan satu juta sarjana. Padahal, porsi untuk lowongan PNS hanya sepuluh ribu.

“Menjadi PNS hanyalah mimpi. Setiap tahun hanya satu persen dari hampir satu sarjana baru yang diterima di instansi pemerintah,” ujar JK.

Dalam kunjunganya ke Unand, Wapres juga menyerahkan penghargaan kepada 12 mahasiswa peraih anugerah kewirausahaan. Enam mahasiswa meraih penghargaan terbaik untuk kategori startup dan enam lainnya untuk kategori existing bussiness. Mahasiswa tersebut berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Sumbar.

Selain meresmikan RS Unand, pada kunjungannya kali ini JK juga memantau keadaan Pasar Ateh Bukittinggi yang terbakar pada Senin (30/10/2017) lalu.

Kedatangan Wapres didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar, serta Dirut BPJS Kesehatan Fahmi Idris.

Baca juga:
Konsumsi Avtur di Sumbagut Melonjak Selama Liburan