Walikota Padang Janjikan 2 Milyar Untuk Rohingya

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah saat berorasi dalam aksi solidaritas Rohingya di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (8/9/2017). (Foto : Aidil Sikumbang).

Padangkita.com – Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menjanjikan Pemerintah Kota (Pemko) Padang akan memberikan bantuan minimal Rp 2 Miliar untuk umat muslim Rohingya di Myanmar.

Hal itu disampaikan Mahyeldi, saat berorasi dalam aksi solidaritas untuk Rohingya di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (08/09/2017) siang. Menurutnya, dana tersebut akan dikumpulkan melalui sekolah, mesjid, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Padang.

“Beberapa hari yang lalu sudah saya surati melalui SKPD – SKPD dan Dinas Pendidikan Kota Padang kepada sekolah untuk menggalang pendanaan untuk membantu umat islam Rohingya,” ujarnya.

Baca juga:
Ribuan Masyarakat Sumbar Gelar Aksi Solidaritas Muslim Rohingya

Dalam aksi solidaritas di halaman kantor Gubernur Sumbar, Mahyeldi juga mengutuk keras perlakuan tidak manusiawi oleh pemerintah dan militer Myanmar terhadap muslim Rohingya. Menurutnya, tindak kekerasan terhadap warga Rohingya juga dikecam keras oleh masyarakat Kota Padang maupun orgaisasi masyarakat yang ada.

“Hari ini kita menunjukkan bahwasanya tindakan kekerasan oleh militer dan pemerintah Myanmar terhadap masyarakat Rohingya, sudah diketahui oleh internasional. Dan di Kota Padang, dukungan untuk Rohingya juga datang dari anak-anak dan ormas-ormas, dan juga ASN,” tambahnya.

Sebelumnya ribuan warga berjalan kaki dari Mesjid Agung Nurul Iman menuju Kantor Gubernur Sumbar, sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Rohingya.

Selama berjalan kaki, massa juga membawa spanduk kecaman dan mengumpulkan bantuan dana. Aksi yang digalang Forum Masyarakat Minangkabau (FMM) ini dikawal oleh puluhan personil Polresta Padang.