Wako Padang: Peran Serta Masyarakat dan Orang Tua Penting Bagi Pendidikan

Walikota Padang (Foto: Humas Pemko)

Padangkita.com – Peran serta masyarakat dan orang tua dalam menyukseskan pendidikan sangat penting. Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan pendidikan tidak bisa maju jika hanya pemerintah saja yang berperan di dalamnya.

“Pendidikan tidak akan sukses tanpa adanya dukungan dari masyarakat dan orang tua,” kata Walikota Padang.

Menurutnya, sinergi antara masyarakat, orangtua, dan pemerintah akan membuat pemerataan pendidikan juga akan lebih cepat dilakukan.

Peranan masyarakat untuk menyukseskan pendidikan, misalnya dapat dimulai dari hal-hal kecil. Sebagai contoh ketika melihat siswa yang memakai seragam berada di luar sekolah pada jam belajar, masyarakat bisa mengingatkan dan langsung menegur. Dapat melakukan berupa pelaporan kepada pihak RT, RW, dan pemangku kepentingan lainnya.

“Jangan hanya diam ketika menemukan siswa yang berseragam sekolah berkeliaran di luar jam sekolah,” ujar Mahyeldi, seperti dilansir dari laman resmi facebook pemko Padang.

Selain itu, ia meminta agar orangtua lebih memperhatikan pendidikan anak, karena selain di sekolah, siswa lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Orangtua harus mengkontrol pendidikan anak, jangan hanya menyerahkan semuanya kepada sekolah. Karena bagaimanapun orang tua juga mempunyai tanggung jawab dalam suksesnya pendidikan seorang anak.

Dikatakan Mahyeldi, semenjak tahun 2014 Pemerintah Kota Padang, telah menggratiskan pendidikan 12 tahun guna melakukan pemerataan pendidikan di Kota Padang. Jika masih terdapat anak yang putus sekolah, bisa mengambil paket A, B dan C serta sanggar-sanggar dalam rangka mengasah minat dan bakat anak.

“Sudah tidak ada alasan lagi, untuk anak putus sekolah,” katanya.

Baca juga:
Bupati Pessel: Selamatkan Generasi Muda dari Bahaya Narkoba