Urang Awak Nahkodai Persib Bandung

Emral Abus (Foto: Ist)

Padangkita.com – Persib Bandung akhirnya mendapatkan pelatih baru menggantikan Jajang Nurjaman yang mengundurkan diri beberapa waktu lalu.

Jajang Nurjaman sebenarnya memiliki catatan yang sangat mentereng kala melatih Persib Bandung, yakni mengantarkan tim asal kota Bandung tersebut menjadi juara Turnamen Celebes Cup II 2012, ISL 2014, Juara Turnamen Piala Walikota Padang 2015 dan Piala Presiden 2015.

Ada pun pengganti Janur, sapaan akrab Jajang Nurjaman adalah mantan pelatih Persib Bandung sebelumnya juga yakni Emral Abus. Emral Abus sebelumnya pernah membesut Persib Bandung pada tahun 2015 lalu kala mendapingi Maung Bandung di ajang AFC Cup.

Baca Juga:
7 Pelatih Top Minang dalam Sejarah Sepakbola Nasional

“PERSIB ini tim besar, ini sebuah kebanggaan bisa bergabung kembali di tim ini. Saya berharap bisa membawa yang terbaik untuk PERSIB,” katanya seperti dilansir dari situs klub, Senin (04/09/2017).

Emral Abus adalah pelatih kelahiran Lubuk Nyiur, Pesisir Selatan, 20 Desember, 58 tahun yang lalu. Selama ini, Emral Abus lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menjadi instruktur pelatih dibandiang melatih sejumlah klub sepakbola di Indonesia.

Dia berharap agar kehadiran dirinya di dalam skuad Persib Bandung menjadi energi yang baik untuk Maung Bandung. Tak lain demi terus naiknya posisi PERSIB di papan klasemen.

“Saya rasa semua pemain, staf pelatih dan manajemen sudah tidak asing lagi dengan kehadiran saya. Dan saya juga merasa PERSIB sudah seperti keluarga sendiri, termasuk dengan Bobotoh,” jelasnya.

Secara lisensi kepelatihan, Emral Abus memiliki catatan yang terbilang lengkap. Ia bahkan kerap disebut guru para pelatih Indonesia karena berstatus sebagai instruktur kursus pelatih level C AFC.

Di antara pelatih yang pernah ditangani Emral adalah Nil Maizar dan Indra Sjafri, yang juga berasal dari Sumater Barat seperti dirinya. Ia juga yang mengenalkan Indra, yang kini menjadi pelatih Timnas U-19, dengan para petinggi PSSI karena melihat potensinya.

Dengan demikian telah ada 3 pelatih asal Sumbar yang pernah berkiprah di Liga 1 Indonesia musim ini, mereka yakni Pelatih Semen Padang FC Nilmaizar, Mantan Pelatih Mitra Kukar Jafri Sastra, dan Palatih Persib Bandung Emral Abus.