UNP Sediakan 8.567 Kursi untuk Mahasiswa Baru

Salah satu gedung fakultas di Universitas Negeri Padang. (Dok, unp.ac.id)

Padangkita.com – Universitas Negeri Padang menambah kursi untuk mahasiswa baru 2017. Kuota mahasiswa baru untuk tahun ini mencapai 8.567 orang.

Rektor UNP Prof Ganefri mengatakan, peningkatan jumlah mahasiswa baru tahun ini mencapai 21 persen. Sebab adanya pengembangan sarana gedung dan laboratorium seluas 51.147 meter.

“Kami juga ada penambahan dosen sebanyak 154 orang,” ujarnya Rabu 19 April 2017.

Menurutnya, UNP memiliki tiga jalur penerimaan mahasiswa baru. Yakni, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan jalur mandiri.

Perguruan Tinggi yang berdiri sejak 1954 itu, menyediakan kursi 40 persen untuk SBMPTN, tepatnya 3.430. Jalur ini sudah mulai buka sejak sejak 11 April hingga 5 Mei 2017.

Sedangkan untuk jalur SNMPTN disediakan kuota 30 persen. Pendaftaran jalur ini sudah tutup sejak 6 Maret 2017. Hasilnya akan diumumkan pada 26 April 2017. UNP juga membuka jalur mandiri yang memiliki kuota 30 persen dari total jumlah kursi yang disediakan.

UNP memiliki delapan fakultas, di antaranya Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan. Delapan fakultas itu memiliki 49 jurusan.

Ganefi mengatakan, program studi pendidikan yang paling diminati Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Matematika, Pendidikan Teknik Informatika, Biologi, Fisik dan Pendidikan Teknik Otomotif. Sedangkan untuk non kependidikan, yang paling diminati yakni jurusan Manajemen, Akuntansi, Ilmu Administrasi Negara, dan Teknik Pertambangan.

Baca juga:
Bahasa Halus UNP Menolak LGBT