UNP Pastikan Beri Layanan Terbaik Bagi Mahasiswa Papua

Salah satu gedung fakultas di Universitan Negeri Padang. (Dok, unp.ac.id)

Padangkita.com – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memberikan kuota beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) kepada 1.750 penerima pada tahun ini.

Beasiswa Afirmasi adalah beasiswa yang diberikan pemerintah untuk kelompok masyarakat yang membutuhkan perlakuan khusus.

Dengan adanya beasiswa afirmasi ini, diharapkan putra-putri terbaik dari kelompok masyarakat tersebut dapat mengikuti studi pada Program Magister atau Doktoral dalam beberapa bidang keilmuan, baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi luar negeri.

Pada tahun ini, Universitas Negeri Padang (UNP) menerima mahasiswa dari jalur beasiswa afirmasi sebanyak 9 mahasiswa, mereka berasal dari Provinsi Papua.

Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Negeri Padang (BAAK-UNP, Azhari Suwir mengatakan bahwa penerimaan mahasiswa ADik ini merupakan yang kedua kalinya.

“Kedatangan mahasiswa ADik di UNP sudah berlangsung mulai tahun 2016,” katanya di Padang, Rabu (26/07/2017).

Dia memastikan bahwa UNP akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa asal Papua tersebut.

Kedatangan mahasiswa asal Papua dan daerah terluar, tertinggal, terdepan (3T) untuk memberikan kesempatan mengenyam studi disambut hangat civitas akademika Universitas Negeri Padang. Begitu rombongan mahasiswa Papua itu mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Rabu (26/7), 30-an mahasiswa itu mendapat sambutan dari sejumlah staf Humas dan Kerjasama UNP.

Seperti diketahui, Kemristekdikti tahun ini memberikan kuota beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) sebanyak 1.750 penerima, dengan rincian 400 penerima program ADEM (Afirmasi Pendidikan Menengah), 750 penerima program ADik 3T, dan 600 penerima program ADik Papua.

Sementara yang ditetapkan di UNP sebanyak 9 orang dan lainnya ke Politeknik Negeri Padang dan Payakumbuh.

(Agus Mardi)