UNBK SMK di Sumbar Diikuti 99,6 Persen Siswa

Padangkita.com – Sebanyak 25.500 siswa sekolah menengah kejuruan di Sumatera Barat (Sumbar) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018, Senin (02/04/2018). Jumlah tersebut diperkirakan mencapai 99,6 persen dari total siswa yang ada.

Dari angka itu hanya 101 siswa yang terpaksa tidak ujian berbasis komputer karena terkendala jaringan internet dan ketersediaan komputer.

Gubernur sumbar irwan prayitno menargetkan tahun depan jumlah peserta UNBK terus bertambah.

“Untuk tahun depan ditargetkan jumlah UNBK di Sumatera Barat bisa bertambah,” katanya kepada wartawan, Senin (02/04/2018).

Gubernur sumbar irwan prayitno meninjau pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer di hari pertama ke sejumlah sekolah menengah kejuruan di kota padang.

Dia memastikan tidak ada kendala dalam pelaksanaan UNBK bahkan menurutnya ujian berbasis komputer lebih praktis dan aman dibanding ujian nasional tertulis.

Untuk tahun ini UNBK SMK di Sumbar, diikuti 25.400 lebih siswa  atau sembilan puluh sembilan koma enam persen dari total siswa. Hanya seratus satu siswa di dua smk kabupaten kepulauan mentawai yang masih melaksanakan ujian tertulis karena kendala jaringan internet dan ketersediaan komputer.

Sementara untuk unbk sma yang akan dilaksanakan pada minggu depan, diikuti 57.500 lebih siswa sma dan madrasah aliyah negeri dan swasta.

Dari total lima ratus empat puluh sma dan ma di sumbar saat ini masih ada seratus tujuh sekolah yang belum melaksanakan UNBK.

sekolah tersebut berada di sejumlah kabupaten yang masih terkendala jaringan internet. Ditargetkan tahun depan, angka ini akan terus berkurang.

(Aidil Sikumbang)

Baca juga:
Main Domino Saat Jam Sekolah, Pelajar SMA di Padang Diamankan Petugas