Umat Budha Kota Padang Gelar Aksi Solidaritas Peduli Rohingya

Aksi solidaritas umat Budha kota Padang, Minggu (10/09/2017). (Foto: Aidil Sikumbang)

Padangkita.com – Umat Budha kota Padang turun ke jalan menggelar aksi solidaritas atas tragedi kemanusiaan yang terjadi di Myanmar.

Mereka mengumpulkan bantuan dana yang akan disalurkan untuk umat muslim Rohingya. Selain itu, mereka juga mengutuk kekejaman yang dilakukan militer terhadap warga sipil.

Ketua harian vihara Budha Warman, Sudharma Sl menyatakan aksi ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas umat budha kota Padang atas penderitaan yang dialami muslim Rohingya.

“Ini juga sebagai aksi nyata dari kepedulian kita terhadap tragedi yang melanda etnis Rohingya di Myanmar. Saya pikir selama ini pernyataan sikap kan sudah kita sampaikan. Pernyataan sikap, mengecam dan mengutuk. Kalau kita lihat di TV kan pengungsi semakin banyak, kondisi makin memprihatinkan, ” katanya kepada wartawan, Minggu (10/09/2017).

Menurutnya, aksi di gelar sejak minggu pagi di perempatan depan vihara budha warman jalan Samudera Padang. Dengan menggunakan kotak kardus, mereka mengumpulkan sumbangan dari para pengendara yang melintas.

Selain di depan vihara, sejumlah umat budha juga menyisir kawasan jalan Nipah dan kampung Pondok,  mengumpulkan sumbangan dari warung dan rumah-rumah warga.

Dirinya menambahkan rencana aksi ini akan digelar setiap hari selama satu minggu. hasil bantuan akan dikirimkan ke Myanmar melalui lembaga-lembaga kemanusiaan.

Selain mengumpulkan bantuan dana dan mengutuk kekejaman terhadap muslim Rohingya, umat budha di kota padang juga mendesak negara – negara asean dan pemerintah myanmar untuk segera menghentikan tragedi kemanusiaan Rohingya, sehingga korban tidak bertambah.

“Kecaman ini juga diperuntukan untuk negara ASEAN, kita meminta pemerintah Indonesia agar tragedi ini bisa cepat selesai dan korban tidak terus bertambah,” tambahnya.

Aksi ini mendapat sambutan positif dari warga kota.

(Aidil Sikumbang)

Baca juga:
Tanggapan FMM Tentang Penayangan kembali Film 'Penghianatan G30 September'