Tingkatkan Kualitas Pertandingan, PSSI akan Gunakan Wasit Asing

PSSI (Foto; Ist)

Padangkita.com – Pengaduan sejumlah klub yang merasa dirugikan atas kepemimpinan sejumlah wasit dalam laga Liga 1 Indonesia mendapat respon dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator pertandingan.

Untuk memperbaiki citra wasit dan sepakbola Indonesia, rencananya PSSI dan PT. LIB akan mendatangkan wasit-wasit dari FIFA untuk memimpin sejumlah pertandingan besar di Liga 1 Indonesia 2017.

Berlington Siahaan selaku Direktur Utama PT LIB mengatakan pihaknya tela mengajukan permohonan kepada organisasi induk sepakbola Indonesia (PSSI) untuk mendatangkan wasit FIFA.

“Kami sudah komunikasikan hal ini kepada PSSI dan Ketua Umum setuju,” katanya seperti disarikan dari liga-indonesia.id, Rabu (19/07/2017).

Dia berharap dengan kehadiran wasit FIFA di lapangan nantinya mampu membuat jalannya pertandingan di liga 1 Indonesia semakin menarik dan mampu menghipnotis para pecinta sepakbola di tanah air.

Menurut PT LIB, rencananya wasit FIFA akan memimpin 50 persen pertandingan yang dilaksanakan dalam setiap pekan pertandingan Liga 1 Indonesia 2017.

Langkah tersebut menjadi pertimbangan PT LIB untuk meningkatkan kualitas pertandingan sebagai salah satu hiburan masyarakat Indonesia, sekaligus menjadi suatu hal baru dan bermanfaat.

Selain memberikan pengalaman baru, tentunya kehadiran sang pengadil dari luar negeri ini diharapkan mampu menularkan kepemimpinan yang baik demi kemajuan sepakbola tanah air.

Sebelumnya, pada bulan Mei silam, berdasarkan laporan dari klub-klub Liga 1 dan Liga 2, PSSI mengistirahatkan 8 wasit dan 10 asisten wasit yang memimpin liga.

Klub-klub yang melapor ke PSSI menyatakan bahwa para wasit kerap kali bersikap tidak independen. Mereka cenderung berpihak pada tuan rumah dan sejumlah keputusan yang kontroversial lainnya.

Baca juga:
Kelasemen Sementara Liga 1: SPFC Posisi 12, PSM Masih di Puncak Kelasemen