Tiga Ruas Jalan Nasional Ditergetkan Rampung Juni 2018

Selamat datang di Kabupaten Pesisir Selatan. (Foto: Dok. PadangKita)

Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mengungkapkan ketiga ruas jalan nasional di daerah itu bakal tuntas tahun ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Era Sukma Munaf menyampaikan saat ini pengerjaan proyek jalan nasional tersebut rata-rata telah mencapai 80 persen.

“Targetnya Insya Allah Juni 2018 ini seleaai dibangun. Karena kontrak loan-nya diperpanjang,” ungkapnya dikutip dari pesisirselatankab, Selasa (27/03/2018).

Ia menjelaskan, dari ketiga ruas jalan itu, progres paling tinggi Inderapura- Tapan, mencapai 90 persen. Kemudian Painan-Kambang yang juga sudah mencapai 73 persen. Setelah itu baru disusul Kambang-Inderapura.

“Nah, ruas Kambang-Inderapura ini pengerjannua memang agak sedikit terlambat. Kita belum tau juga apa persoalannya,” terang dia.

Kendati demikian, guna mendorong percepatan pembangunan ketiga ruas jalan nasional di Pessel itu, pemerintah daerah akan terus memantau kegiatan pembangunan. Sebab, jika tidak selesai sesuai target yang telah ditetapkan, pinjaman untuk pembangunan itu akan dikembalikan pada Bank Dunia.

“Apapun kondisinya kita akan tetap koordinasikan. Kasian kita kalau ini tidak selesai,” sebutnya.

Ketiga ruas jalan itu mulai dikerjakan sejak awal 2016. Sebelumnya, proyek tersebut ditargetkan rampung pada akhir 2017. Pengerjaan jalan menggunakan pembiayaan dari pinjaman Indonesia pada (Western Indonesia Nation Roads Improvement (Winrip) Australia melalui Bank Dunia.