Ternyata Masyarakat Percaya dengan Kinerja Pemerintah, ini Buktinya

Presiden Jokowi bersama Wapres Jusuf Kalla dan Kapolri Tito Karnavian (Foto: setkab.go.id)

Padangkita.com – Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pencapaian program kerja pemerintah mendapat apresiasi yang bagus dari Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Menurut data OECD, Indonesia menduduki rangking tertinggi dalam hal Trust and Confidence in National Government. OECD menggunakan hasil survei yang dilakukan oleh salah satu lembaga survei internasional yang berbasis di Amerika Serikat yaitu Gallup World Poll (GWP)

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan data tersebut dipublikasikan melalui Government at a Glance 2017 dan diumumkan pada 13 Juli 2017.

“Indonesia rangking satu dalam hal Trust and Confidence in National Government berdasarkan Gallup data,” katanya di Jakarta, Selasa (18/07/2017).

Menurut Sri Mulyani, beberapa indikator yang menyebabkan Indonesai meraih peringkat satu tersebut berdasarkan pada, apakah tingkat kepercayaan terhadap pemerintah dipengaruhi oleh apakah masyarakat menganggap pemerintah dapat diandalkan, cepat tanggap dan adil serta mampu melindungi masyarakat dari risiko-risiko dan memberikan pelayanan publik secara efektif.

“Tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap pemerintah merupakan angka tertinggi yakni mencapai 80 persen,” jelasnya.

Dia menambahkan capaian negara maju seperti Amerika Serikat hanya 30 persen, Inggris 31 persen, Jerman 55 persen, Prancis 28 persen. sedangkan untuk negara-negara berkembang non OECD seperti India yakni 73 persen, Brazil 26 persen, Afrika Selatan 48 persen.

Hasil ini merupakan hasil yang baik dan kali ini rangking tersebut diperoleh bersama dengan negara maju di eropa, Swiss. Enam peringkat teratas negara-negara tersebut adalah Indonesia, Swiss, India, Luksemburg, Norwegia dan Kanada

“Kepercayaan terhadap pemerintah berhubungan kuat dengan dukungan masyarakat terhadap kepemimpinan negara mereka. Saat pemerintah dipandang memiliki integritas moral yang tinggi lebih banyak masyarakat percaya pemerintah,” ucap Menteri Keuangan seperti dilansir dari setkab.

Baca juga:
Sebelum Lebaran 2019, Jalan Tol Padang-Sicincin Ditargetkan Beroperasi