Terjebak Banjir, Siswa SMA 2 Batang Anai Dievakuasi

Siswa SMA 2 Batang Anai yang dievakuasi karena terjebak banjir (Foto: Aidil Sikumbang)

Padangkita.com – Hujan lebat yang mengguyur sejumlah wilayah di Sumatera Barat hari ini menyebabkan genangan dan banjir di sejumlah tempat. Salah satunya di kawasan Batang Anai Padangpariaman.

Bahkan, sejumlah siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) 2 Batang Anai Padangpariaman terpaksa harus dievakuasi. Karena air setinggi 1 meter menggenangi sekolah mereka.

Petugas BPBD Padangpariaman, Z Saputra mengatakan siswa SMA 2 Batang Anai harus dievakuasi ke tempat yang aman. Dan BPBD mengerahkan 1 unit perahu karet untuk mengevakuasi para siswa tersebut.

“kita evakuasi para siswa yang terjebak akibat tingginya genangan air,” katanya kepada Padangkita.com, Senin (21/08/2017).

Sementara itu, sejumlah warga yang berada di Perumahan Bumi Kasai Permai belum mau dievakuasi mekipun genangan air telah mencapai ketinggian 1-1.5 meter.

Ada sekitar 100 rumah yang mulai tergenang di kawasan tersebut. Warga mengaku tidak mau dievakuasi karena menganggap banjir seperti ini sudah merupakan hal yang biasa saat hujan lebat terjadi.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melansir wilayah Kasai, Kabupaten Padangpariaman (dekat Padang) terendam banjir. Banjir dipicu hujan lebat dan luapan sungai Batang Anai.

“Iya banjir. Saat ini rekan-rekan BPBD Padangpariaman sudah di lapangan,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Pagar Negara, Senin (21/8/2017).

Dia menambahkan, tujuan personil BPBD utamanya ke Perumahan Kasai Permai karena diduga ada beberapa murid sekolah yang terjebak.

“Kita terus melakukan pemantauan dan menunggu info a1 dari lapangan,” bilang Pagar.

Warga di Kasang, Marsilam mengatakan ketinggian air akibat hujan lebat yang terjadi di sekitar Kasai mencapai ketinggian 1 meter.

“Air naik sekitar 1 jam yang lalu,” ujarnya.

(Aidil Sikumbang)

Baca juga:
Kebakaran Hutan di Gunung Talang Meluas