‘Tangkok Itiak’ di Sungai, Cara Daerah ini Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Ilustrasi

Padangkita.com – Beragam upaya dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pemkab Pessel) untuk mengembangkan dan meningkatkan kunjungan wisata yang ada di wilayah tersebut. Salah satunya dengan merencanakan acara menangkap itiak (bebek).

Penanggung Jawab (PJ) Wali nagari Kenagarian Aur Bergalung, Kecamatan Bayang, Pessel, Elvi Azman mengatakan menangkap itiak (bebek) tersebut rencananya akan diadakan di dalam sungai. Ajang ini diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat untuk datang dan berkunjung ke daerahnya.

Untuk tahap awal, acara ini akan mengundang seluruh nagari yang ada di Kecamatan Bayang. Pesertanya pun tidak dibatasi oleh kelompok dan tingkatan umur.

“Dalam perlombaan ini akan kita undang semua walinagari se kecamatan bayang untuk ikut serta. Tidak ada batasan usia untuk mengikuti acara ini,” katanya.

Menurutnya, untuk perlombaan tangkat bebek kali ini akan dilakukan di Kampung Begalung lokasi ikan larangan. sementara itu, teknis lombanya adalah memberikan kesempatan bagi empat orang peserta dengan dua ekor bebek yang telah disiapkan oleh panitia.

Bebek tersebut diperebutkan peserta yang ditangkap didalam sungai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh panitia. Bagi pemenang akan diberikan hadiah dan tabanas.

Lebih jauh dikatakanya, dalam upaya mengembangkan objek wisata di daerah itu, perlombaan tangkap bebek ini pihaknya juga berencana untuk dijadikan sebuah even tahunan. Hal demikian dikatakan, sebab perlombaan itu mendapatkan dukungan penuh
dari masyarakat maupun Pemerintah setempat.

“Perlombaan tangkap bebek ini akan kita jadikan nantinya untuk even tahunan. Sebab, ini baru yang pertama kali digelar di Kabupaten Pesisir Selatan,” pungkasnya seperti dikutip dari situs pemkab.