Tanah Longsor, Komplek Mapolres Arosuka Solok Rusak Berat

Komplek Markas Polisi Resor (Mapolres) Solok Arosuka di Kabupaten Solok, hancur porak-poranda akibat longsor, Senin (04/12/2017). (Foto: Aidil Sikumbang)

Padangkita.com – Komplek Markas Polisi Resor (Mapolres) Solok Arosuka di Kabupaten Solok, hancur porak-poranda akibat longsor, Senin (04/12/2017). Longsor diduga terjadi akibat tingginya intensitas hujan yang terjadi selama satu minggu terakhir.

Kapolres Solok Arosuka, Feri Irawan menjelaskan longsor terjadi pada Senin dini hari. Longsor terjadi saat hujan lebat mengguyur daerah tersebut. Akibat kejadian ini sejumlah bangunan dan ruas jalan di dalam Mapolres hancur sepanjang 40 meter.

“Kita mendapatkan musibah di bagian musala dan belakang Mapolres Solok Arosuka akibat curah hujan yang sangat berlebihan. Kejadian sekira jam 00.30 WIB,” katanya kepada wartawan, Senin (04/12/2017).

Selain merusak musala, longsor juga merusak jalan menuju asrama polisi serta bangunan kantin dan parkiran. Selain itu atap sejumlah bangunan di wilayah Mapolres juga berterbangan.

Saat ini belum terlihat upaya pembersihan karena hujan masih terus turun. Lokasi kejadian yang berada di lereng bukit juga berpotensi menyebabkan longsor susulan. Pihak kepolisian setempat masih berkoordinasi dengan sejumlah pihak dan ahli tanah terkait hal ini agar tidak menimbulkan masalah yang lebih besar.

Meski demikian, menurutnya, pelayanan petugas kepada masyarakat dan unsur-unsur lain masih bisa berlangsung dan beroperasi hingga saat ini. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Dan belum dapat diprediksi kerusakan yang diakibatkan oleh longsor tersebut.

“Untuk proses opersional dan pelayanan kepada masyarakat masih berjalan dengan lancar hingga saat ini,” pungkasnya.

(Aidil Sikumbang)