Tahun Ini, Kekurangan PNS di Padang Capai 6.000 Lebih

Ilustrasi ASN (Foto: Setkab.go.id)

Padangkita.com—Pemerintah Kota Padang memperkirakan kekurangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun ini mencapai 6.000 orang lebih, mengingat banyaknya PNS yang memasuki usia pensiun, terutama tenaga pengajar.

“Kita berharap semoga, tahun ini dibukanya penerimaan CPNS untuk daerah, sesuai dengan formasi yang kita butuhkan di Padang,” kata Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, dikutip dari laman pemda, Jumat (19/1/2018).

Ia menemui langsung Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) di Jakarta untuk meminta menyampaikan usulan formasi penerimaan CPNS di lingkungan Pemko Padang.

Dalam audensi tersebut Mahyeldi menyampaikan beberapa hal kepada Menteri PAN RB Asman Abnur, terkait masih ditetapkannya moratorium pegawai untuk daerah, mengingat di 2018 cukup banyaknya jumlah PNS yang memasuki usia pensiun.

Sementara itu, Menteri PAN-RB Asman Abnur menanggapi usulan tersebut menyampaikan, terkait pengadaan CPNS dalam hal ini untuk pemerintah kota/kabupaten memang mengacu kepada beberapa hal.

Mulai dari neraca keuangan daerah, hasil analisis jabatan dan analis beban kerja dan peta jabatan. Selanjutnya kuota CPNS akan diumumkan setelah KemenPAN-RB melakukan verifikasi atas usulan CPNS yang dibutuhkan di setiap instansi.

“Jadi, untuk menata kebutuhan CPNS diharapkan masing-masing instansi melakukan audit organisasi oleh lembaga independen. Sehingga dapat diketahui kebutuhan organisasi mengacu kepada program kepala daerah,” ujarnya.