Sumbar Targetkan 9 Juta Kunjungan Wisatawan Domestik Tahun 2018

Pulau Pitoiat Sigoiso, depan Sipora Tuapeijat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Foto: Harfiandri Damanhuri)

Padangkita.com – Pemerintah Provinsi (pemprov) Sumatera Barat menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara pda tahun 2018 mendatang.

Sumbar menargetkan kunjungan wisatawan nusantara (Wisnu) 9 juta dan wisatawan mancanegara (Wisman) 6 ribu orang pada tahun depan datang untuk menikmati beragam keindahan destinasi wisata dan budaya yang ada di Sumbar.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan potensi wisatawa, budaya, kuliner dan alam Sumatera Barat menjadi modal kuat bagi pemerintah daerah untuk memaksimalkan pembangunan wisata.

Jika dunia pariwisata berkembang dan dikelola secera maksimal maka akan berdampak besar bagi masyarakat dan memberikan multi efek yang besar dalam memicu pertumbuhan ekonomi.

“Potensi wisata yang ada di sumbar harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masyarakat,” katanya di Pariaman dalam acara Hoyak Tabuik, Minggu (01/10/2017).

Dirinya juga menyebutkan bahwa Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno telah melakukan penandatangan MoU dengan 7 Kabupaten/Kota dalam pengembangan dan peningkatan pembangunan di bidang kepariwisataan.

Diakui ada beberapa daerah yang berminat tinggi, namun karena belum melengkapi perencanaan yang matang, termasuk soal program pengembangan pariwisata yang jelas, maka belum dapat diakomodir oleh pemerintah provinsi.

“Ada juga beberapa daerah yang tertarik dan berminat namun infrastruktur masih menjadi kendala bagi daerah-daerah tersebut,” tambahnya.

Rencana kedepan menurutnya adalah melakukan kerja sama atau berbagi pendanaan, yakni 60 persen dari APBD kabupaten/kota, 40 persen pendanaan dari APBD provinsi untuk daerah-daerah tersebut.