Soal Listrik Mentawai, Wagub Sumbar Temui Wamen ESDM

Wagub Sumbar Nasrul Abit berbincang dengan Wamen ESDM Archandra Tahar (Foto: Humas Pemprov Sumbar)

Padangkita.com – Wakil Gubernur Sumbar menemui Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Archandra Tahar untuk membahas mengenai persoalan kelistrikan di Sumbar, terutama Kabupaten Kepulauan Mentawai yang belum dialiri listrik.

Wagub Sumbar Nasrul Abit menyebutkan Sumbar masih kekurangan listrik, terutama Mentawai yang memang belum dialiri listrik yang memadai.

“Menyampaikan kepada Wamen ESDM tentang daerah di Sumbar yang belum teraliri listrik seperti Mentawai, dan tentang permasalahan seputar pembangkit listrik tenaga mikrohidro,” katanya, melalui siaran pers, Kamis (13/7/2017).

Mentawai memang merupakan daerah terluar di Provinsi Sumatra Barat yang mesti mendapatkan perhatian serius dari pemerintah untuk pembangunan infrastruktur, baik kelistrikan dan fasilitas lainnya.

Pertemuan Nasrul dengan Wamen ESDM tidak hanya membahas mengenai sektor kelistrikan yang menjadi kewenangan kementerian tersebut.

Tetapi, sebagai perwakilan orang Minang di pemerintahan, juga didiskusikan sejumlah topik yang bakal dibahas dalam rapat terbatas pemprov Sumbar dengan Presiden RI.

Seperti rencana pembangunan tol trans Sumatra ruas Padang – Pekanbaru, pembangunan pelabuhan Teluk Tapang, Trans Mentawai, Bandar Udara Rokot, dan pembangunan lainnya. Termasuk juga dibahas solusi untuk pengerukan sedimentasi Danau Maninjau.