Soal Kemanusiaan, Dato’ Sri Tahir Berikan Kuliah Umum di Unand

Pendiri Tahir Foundation, Prof Dato’ Sri Tahir memberikan kuliah umum di Universitas Andalas. (Foto: padangkita.com)

Padangkita.com – Pengusaha sukses dan filantropi Dato’ Sri Tahir memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa di Convetion Hall, Universitas Andalas (Unand) Padang, Selasa (24/4/2018).

Dalam kuliahnya Tahir mengajak mahasiswa untuk selalu menjaga idealisme, dan mau berjuang untuk membela hak – hak orang lain yang mengalami ketidakadilan.

“Mahasiswa harus rawat idealisme, karena ada banyak saudara kita yang perlu menjadi perhatian kita semua,” ujarnya, dalam kuliah umum bertajuk ‘Hak Asasi Manusia, Tragedi Kemanusian, dan Tanggungjawab Pelaku Ekonomi’ itu.

Pemilik Mayapada Grup itu mengatakan kepedulian terhadap sesama harus menjadi tanggungjawab semua orang, jadi kepedulian untuk membantu bukan lah sedekah.

Makanya, kata dia, pelaku usaha, mereka yang sudah berhasil secara ekonomi, dan mahasiswa yang terdidik harus ikut memperjuangkan masyarakat lainnya untuk mendapatkan haknya.

“Menjadi filantropi bukanlah CSR [corporate social responsibility], filantropi bukan juga sedekah. Tapi ini kewajiban. Kalau saya menjadikan ini passion, iya beginilah saya,” ujarnya.

Tahir dikenal sebagai salah satu filantropi paling aktif di Indonesia. Bahkan, dia ikut berkontribusi membantu masyarakat di belahan dunia lainnya, seperti Syriah, Lebanon, dan Yordania.

Dia mengakui, untuk kegiatan filantropi dirinya lebih memilih memprioritaskan bidang pendidikan dan kesehatan.

“Kalau masa depan bangsa ada di pendidikan, maka kualitas bangsa adalah kesehatan. Maka saya ambil bagian ini, ikut memajukan pendidikan dan kesehatan masyarakat Indonesia,” katanya.