Smesco Minang Festival 2018 Digelar di Jakarta

Dok. Humas Pemprov Sumbar

Padangkita.com – Smesco Minang Festival 2018 dilaksakan di kawasan  strategis  dan daerah bisnis  Gatot Subroto kota Jakarta, LLP KUKM adalah  perkantoran mewah dipadu dengan ruang pertemuan yang luas dan pusat pameran, yang dihubungkan oleh gedung Promenade 4 lantai sebagai area ritel dan komersial. Dengan fasilitas yang lengkap gedung ini sangat ideal bagi para pelaku bisnis untuk menjalankan aktivitas bisnisnya di Ibukota Indonesia.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Hj.Mufidah Jusuf Kalla Buka secara resmi Smesco Minang Festival 2018, yang juga dihadiri oleh oleh Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga, Wakil Gubernur Nasrul Abit,Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi, Ketua Dekranasda Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno serta melibatkan 500 peserta antara lain para ketua Dekranasda Provinsi seluruh Indonesia, dan dinas terkait, Sabtu siang (31/3/2018).

Gubernur Sumatera Barat dalam sambutannya menyampaikan, potensi kerajinan Usaha Kecil Menengah (UKM) perlu menjadi perhatian pemerintah dalam meningkatkan kualitasnya guna mampu bersaing dalam pasar global.

Keindahan dan keunik potensi kerajinan disetiap provinsi di Indonesia memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri, namun dalam dinamika biaya produksi dan bahan yang didapat sangat mahal sehingga biaya produksi menjadi lebih tinggi, ini salah salah satu persoalan perlu diatasi dengan promosi dan jaminan kualitas yang baik.

Tanpa dukungan itu para pengusaha UKM kita akan kalah dengan produksi negara-negara sahabat yang lebih murah dan tak kalah bagusnya, sehingga konsumen bisa beralih kepada barang import tersebut. Maka pemerintah daerah memalalui Dekranasda selalu melakukan pembinaan dan mengajakan para pengrajin untuk meningkatkan kualitas produksinya, ujar Irwan Prayitno.

Gubernur Irwan Prayitno juga menyampaikan, di Sumatera Barat produksi tenunan, bordiran dengan khas morif daerah yang semuanya memiliki filosofi dan cerita pesan yang melambangkan seni budaya yang tinggi, perlu terus dilestarikan sebagai kekayaan intelektual bangsa.

Melindungi setiap motif yang ada tersebut perlu dilakukan penetapan hak paten, kepada kementerian hukum dan HAM, sehingga tidak ada lagi motif-motif yang indah ini menjadi milik negara lain, dan ini juga akan menentukan nilai kualitas dari produk UKM itu sendiri.

Baca juga:
Sambut Libur Lebaran, Pantai Padang Bersolek

Pelakasanaan Smesco Minang Festival 2018, kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Buk Hj. Mufidah Jusuf Kalla yang begitu tinggi perhatian terhadap karya kerajinan Sumatera Barat dan semua pihak yang telah menyelenggaraan, selain mengangkat nama baik Sumatera Barat juga menjadi ajang kreatifitas para pengusaha, pengrajin dalam memasarkan karya-karya dan produktifitas agar bisa menasional dan go internasional, ungkap Gubernur Irwan Prayitno bangga.

Pembukaan Smesco Minang Festival 2018 ditandai dengan pemukulan gendang tasa dan musik serta tari kesenian dari ranah minang Sumatera Barat.

Menurut Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi, re- launching hari ini adalah merupakan wajah baru Produk Unggulan Provinsi pun akan menampilkan citra baru terhadap identitas daerah dengan menampilkan local heritage dan produk unik. Selain itu, Produk Unggulan Provinsi akan menerapkan zonasi berdasarkan jenis produk. Tujuannya, untuk lebih memudahkan pengunjung dalam mencari produk yang dibutuhkan.

Bagi sektor KUKM, Smesco Indonesia merupakan lambang baru dalam pencapaian pengembangan dan pemasaran produk-produk KUKM. Sebagai pusat kegiatan bisnis di Jakarta, Smesco Indonesia menyediakan sarana dan fasilitas modern dan lengkap  bagi konsumen lokal maupun internasional yang ingin membeli produk-produk KUKM Indonesia.

Selain itu, Smesco Indonesia juga dapat menjadi tempat yang tepat untuk pertemuan, even, pameran, konferensi, belanja ataupun untuk mengetahui perkembangan pasar internasional.