“SiPadlih” Aplikasi Pintar KPU Padang Sasar Pemilih Pemula

Ilustrasi SiPadlih (foto: Ist)

Padangkita.com – Demi meningkatkan partisipasi generasi muda dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Padang meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pemilihan (SiPadlih).

Aplikasi SiPadlih ditujukan untuk memperbarui beragam perkembangan informasi mengenai pilkada yang akan dihelat oleh KPU Padang tahun depan.

Ketua KPU Padang, Muhammad Sawati mengatakan aplikasi ini dapat diunduh melalui telepon pintar, sehingga masyarakat terutama generasi muda lebih mudah mengetahui perkembangan informasi.

“Banyak informasi di dalamnya Seperti tahapan Pilkada, pemberitaan terkait Pilkada, pencalonan, sosialisasi, data pemilih, serta maskot. Siapapun dapat mengetahui tiap informasinya dengan mengkliknya,” katanya, Rabu (12/10/2017).

Ketua KPU Padang berharap aplikasi ini akan menambah pengetahuan pemilih pemula yang notabene merupakan anak muda. Sementara itu, pada Pilkada 2018 nanti, KPU Padang membidik pemilih pemula. KPU berharap adanya partisipasi dari anak muda Kota Padang.

“Dari target partisipasi pemilih 70 persen, 20 persen diantaranya kami sasar pemilih pemula,” beber Muhammad Sawati.

Tidak itu saja. Agar pemilih pemula meningkatkan partisipasinya pada Pilkada nanti, KPU juga menggelar Jambore Demokrasi. Peserta Jambore ini berasal dari siswa SMA se-Kota Padang.

KPU juga menurunkan komisionernya ke sekolah-sekolah sebagai pembina upacara bendera untuk menyosialisasikan pentingnya partisipasi pemilu kepada siswa.

“Pemilih pemula pada Pilkada 2018 Kota Padang adalah mereka yang sudah berusia 17 tahun pada saat pilkada yang berlangsung pada 27 Juni 2018,” tutup Muhammad Sawati dilansir humas.

Rencananya Pemilihan umum Wali Kota Padang 2018 (selanjutnya disebut Pilwako Padang 2018) akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018, mengikuti jadwal pilkada serentak gelombang ketiga oleh KPU untuk menentukan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang periode 2019–2024.