Sering Bersin-Bersin Setelah Bangun Tidur, Mungkin ini Penyebabnya

Padangkita.com – Apakah anda pernah mengalami bersin-bersin saat bangun tidur, padahal anda sedang tidak sakit? Kira-kira apa yangmenjadi penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Dilansir dari berbagai sumber, penyebab bersin-bersin sesaat setelah anda bangun tidur adalah:

1. Faktor Udara
Bersin-bersin sesaat setelah bangun dari tidur bisa saja disebabkan oleh udara kering di sekitar kamar anda. Hal ini biasa disebabkanoleh pengaruh AC atau suhu ruangan yang cenderung kering.

Hal inilah yang membuat lapisan di dalam hidung anda menjadi kering sehingga menyebabkan bersin-bersin sesaat setelah bangun tidur.

Untuk diketahui, di dalam hidung terdapat lapisan lendir yang berfungsi menjaga kelembapan udara dan benda-benda asing yang masukatau terhirup. Jika lapisan ini kering maka lendir yang terdapat pada hidung tidak bisa menjaga dan menahan benda asing masuk kedalam.

Hal inilah yang menyebabkan anda sering bersin-bersin sesaat setelah bangun tidur.

2. Rhinitis alergi
hal ini juga sering dinamakan hay fever. Ini meruapakan kondisi yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap alergen alias pemicu alergi.

Penyebab hal ini ada banyak faktor seperti terkena serbuk sari, jamur, bulu hewan, atau debu tungau.

Menurut peneliti, sekira 20 persen orang tiba-tiba terkena bersin-bersin setelah bangun tidur biasanya disebabkan oleh tungau. Tungau ini merupakan hewan kecil yang biasa tinggal di kasur atau bantal yang anda gunakan untuk tidur.

Jika hewan kecil ini masuk ke dalam hidung, sel-sel alergi yang ada di membran mukosa hidung akan melepaskan histamin. Nah, hal inilah yang menyebabkan bersin-bersin dan hidung meler.

Namun jangan khawatir, hal tersebut merupakan respon tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam hidung anda.

3. Rhinitis vasomotor
Hal lain yang menyebabkan anda sering bersin-bersin di pagi hari disebabkan oleh rhinitis vasomotor.

Rhinitis vasomotor atau rhinitis non-alergi adalah peradangan pada selaput hidung. Radang ini disebabkan karena pembuluh darah di hidung yang sangat sensitif.

Hal ini kerap terjadi saat tubuh anda mengalami perubahan suhu atau karena perubahan sistem imun dalam tubuh. Walaupun menimbulkan gejala pilek dan bersin-bersin yang tidak nyaman, kondisi ini umumnya tidak membahayakan.

Baca juga:
Payakumbuh Gelar Festival Botuang 2017, Yuk Ikutan

4. Sinusitis
Hal ini yang paling sering disebut jika setiap pagi setelah anda bangun tidur gejala bersin-bersin terjadi. Sinusitis bisa dikatakan sebagai peradangan pada sinus dapat mengganggu lapisan hidung dan memicu lendir yang berlebihan.

Jika anda merasakan sensasi menggelitik di hidung hingga sering bersin selama beberapa minggu, maka bisa jadi anda mengalami sinusitis kronis.

Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Ada beberapa carayang bisa dilakukan utnuk mengatasi hal tersebut diantaranya adalah:

  • Bila disebabkan oleh rhinitis alergi, maka pada dasarnya tidak ada obat yang bisa mengobati rhinitis alergi hingga 100 persen.
  • Mengganti sarung bantal dan sprei setiap bulan
  • Mencuci sarung bantal dan sprei hingga benar-benar bersih dan menjemur bantal guling di bawah terik matahari untuk membunuh tungau yang menempel
  • Agar lebih maksimal, usahakan untuk selalu ganti bantal yang lama dengan yang baru setiap enam bulan sekali
  • Jika alergi disebabkan oleh udara dari AC, sebaiknya gunakan bantuan humidifier atau pelembap ruangan
  • Perbanyak minum air putih.